bercak daun porang

Penyebab Penyakit Bercak Daun Porang dan Solusinya

Budidaya tanaman porang saat ini masih bergeliat walaupun harga porang lagi tidak menentu. Apalagi saat ini porang menjadi salah satu komoditas andalan Kementan RI. Namun harus diwaspadai juga bahwa banyak serangan hama dan penyakit pada tanaman porang, seperti umbi busuk dan bercak daun porang.

Saat ini kita melihat tanaman porang sekarang banyak sekali yang kena penyakit bercak daun porang sampai daunnya berlubang dan ini menjadi fenomena ditahun 2021. Kenapa bisa terjadi bercak daun pada tanaman porang?

Penyebab penyakit bercak daun porang

Banyak yang mengamati dari para senior-senior petani porang itu yakni penyebab penyakit bercak daun pada tanaman porang karena ekstrimnya suhu dan curah hujan yang sangat tinggi pada tahun ini sehingga menyebabkan bercak daun porang.

Karena kalau saya amati yakni adanya hujan yang terjadi tiba-tiba dan panas tiba-tiba baik pada siang hari maupun malam hari ini hujannya luar biasa. Pada saat hujan daun porang masih basah terus tiba-tiba panasnya menyengat dan pada waktu panas tanpa ada mendung tiba-tiba hujan sebentar daun basah langsung panas lagi.

Sehingga kalau bahasa jawanya daun ini monyok atau mungkin kayak agak berair terus kayak busuk itulah yang menimbulkan penyakit pada tanaman porang, kenapa terjadi demikian?

Analisa saya bercak daun porang itu disebabkan kelembapan pada waktu daun kena panas setelah diguyur hujan akhirnya bakteri jamur muncul, nah rata-rata tanaman porang yang kena penyakit kayak gini setelah kita amati cenderung daun porangnya tipis daripada tanaman porang yang tidak terkena penyakit.

Tanaman porang yang tidak terserang penyakit bercak daun daunnya lebih tebal, dan penyakit bercak daun menyerang sampai pangkal tanaman porang yang biasa terjadi pada pangkal yang mau tumbuh biji katak porang.

Baca juga :   Cara Mengatasi Jamur Pada Tanaman Porang

Solusi penyakit bercak daun porang

Untuk mengatasi jamur bakteri penyebab bercak daun tanaman porang biasanya kita melakukan perawatan secara intensif yakni dengan penyemprotan fungsida.

Penyemprotan fungisida dilakukan secara rutin sampai 4 hari kita semproti daun-daun tanaman porang kita yang kena bercak dan dibawah pelepah daun. Tindakan ini lumayan bisa menanggulangi penyakit bercak daun.

Banyak tanaman porang di kebun kami yang daunnya lubang-lubang akibat bercak daun, khususnya tanaman porang yang daunnya tipis. Padahal banyak tanaman porang yang tidak terkena penyakit bercak daun.

Hasil analisa saya masalah ini terjadi karena tanaman porang kekurangan kalsium dan fosfor. Bercak daun ini terjadi pada waktu usia tanaman porang sudah 3 bulan keatas yang biasanya orang katakan sebagai masa-masa generatif, masa-masa pembesaran umbi atau masa-masa pembesaran biji katak.

Hal ini menyebabkan tanaman porang sendiri berebut untuk membagi nutrisi yang ada pada umbi, pada katak dan pada daun sehingga pada masa-masa generatif ini sangatlah diperlukan untuk memberikan nutrisi tambahan khususnya untuk pupuk yang banyak mengandung kalsium dan banyak mengandung fosfor.

Pemberian pupuk porang yang mengandung kalsium dan fosfor untuk kita antisipasi agar umbi porang bisa berkembang maksimal dan pertumbuhan biji kataknya pun juga banyak.

Penyakit bercak daun pada tanaman porang juga biasa terjadi karena dari awal nutrisi yang diberikan kurang, apalagi bagi tanaman porang yang jarak tanam porangnya rapat atau sekitar 25 cm ini bisa mengakibatkan ada tanaman yang kekurangan nutriai sehingga nanti bisa terjadi bercak daun.

Apabila dari awal penanaman porang nutrisi yang diberikan pada waktu kita tanam kurang dampaknya pada bulan ke 3 bulan ke 4 ini tanaman porang rawan sekali terserang penyakit terutama jamur.

Baca juga :   Coba Ini! Cara Menghilangkan Jamur Pada Bibit Katak Porang

Sebenarnya penyakit tanaman porang ini terutama ialah masalah jamur baik yang ada di bercak daun atau mungkin pada batang bawah, kalau batang bawah biasane sering nanti terjadinya sampai putus.

Pemberian pupuk yang kurang bisa jadi juga merupakan penyebab tanaman porang kena penyakit bercak daun. Hal inilah yang sering terjadi dan jadi kendala bagi petani porang saat ini. Kenapa saya mengamati dan menganalisanya demikian?

Karena itu tadi tanaman di kebun tidak semua terserang bercak daun, disana cenderung untuk tanaman porang yang kena bercak daun itu hampir tidak ada ya masih segar-segar.

Nah ini berarti kemungkinan di kebun nutrisi disana aman, mau kebun yang di lahan tanpa naungan pun banyak juga yang tidak terkena. Tapi tetap sih ada sedikit yang terkena dan saya bandingkan daun yang tidak terkena ini saya raba memang daunnya lebih keras lebih tebal.

Jadi intinya penyakit tanaman porang biasanya diakibatkan karena adanya jamur yang menyerang daun sehingga meninggalkan bercak. Perawatan tanaman porang sangat penting dan pemberian nutrisi atau pupuk yang cukup sangat dianjurkan untuk mengantisipasi penyakit bercak daun porang.

error: Sok atuh nulis sendiri, jangan asal copy aja hahaha !!