jarak tanam porang dari bibit katak

Jarak Tanam Porang Ideal Dari Bibit Katak Porang

Kawan-kawan sahabat porang banyak yang bertanya untuk jarak tanam porang dan juga jarak antar bedengan yang baik dan yang benar itu seperti apa.

Ya mungkin setiap petani itu kan punya trik dan cara masing-masing yang namanya petani itu bebas menentukan sendiri sesuai ketersediaan lahan masing-masing.

Jadi bagaimana jarak tanam porang yang ideal?

Sebenarnya untuk jarak tanaman porang itu tergantung dari seberapa besar bibit porang yang akan kita tanam, karena porang itu sejatinya benihnya ada dua macam yakni pertama dari spora dan kedua dari katak yang akan menghasilkan umbi porang.

Menanam porang dari bibit umbi porang dan bibit katak porang tentunya sangatlah berbeda jarak tanamnya. Untuk saat ini kami berbagi pengalaman jarak tanam porang yang baik untuk tanaman porang dari bibit katak.

Ukuran gulutan atau bedengan dengan lebar 90 itu biasanya kita pakai untuk menanam tanaman porang dua jalur, kalau maunya kita hanya satu jalur lebar bedengan itu kurang lebih 50-60 cm saja tergantung kebutuhan dan kemauan petani porang sendiri.

Jarak antar bedengan itu tetap kita pakai 60 cm mau itu bedengan yang lebarnya 90 cm untuk dua jalur maupun bedengan satu jalur yang lebar bedengan 60 cm maupun lebar/ukuran bedengan lainnya.

jarak tanam porang ideal

Kenapa jarak antar bedengan tetap 60 cm? karena untuk memudahkan kita dalam proses perawatan tanaman porang apalagi yang tidak pakai mulsa itu memudahkan petani pada saat membersihkan gulma atau rumput liar yang tumbuh.

Untuk jarak tanam bibit porang khususnya dari bibit katak porang super yang isinya sekitar 100-200 biji per kg kita pakai ukuran 25 cm x 40 cm untuk lebar bedengan 90 cm. Ini jarak tanam porang antar lubang tanam yang ideal menurut kami.

Baca juga :   Ketahui Cara Budidaya Porang yang Benar Agar Bisa Untung Besar

Alasan kami menanam porang dengan jarak tanam porang katak 25 cm x 40 cm itu untuk mengantisipasi cuaca pada saat musim kemarau atau katakanlah tidak ada hujan seminggu sampai dua minggu tanaman kita bisa tetap aman karena tanaman porang kita saling menaungi sehingga kelembapan tanah terjaga walaupun tanaman porang kita tidak pakai mulsa.

Cara menanam porang dengan jarak tanam porang seperti ini juga bertujuan agar pada saat ada angin kencang itu minimal tanaman porang kita saling mencengkram, seperti saling berpegangan antar tanaman sehingga tidak mudah roboh.

Alasan kita tanam porang dengan jarak tanam 25 cm x 40 cm itu memang jarak tanam porang paling ideal untuk kita yang memang berencana panen porang 2 musim. Menurut kami itu sudah jarak tanam yang paling pas untuk budidaya porang menggunakan bibit katak porang untuk panen porang 2 musim.

jarak tanam porang ideal dar bibit katak

Nah kalau mau di panen nanti 3 musim itu gimana?

Yah kita harus kurangi tanamannya. Dibongkar gito loh. Misalnya ditahun ini kita tanam dengan jarak 25 x 40 namun pada saat waktu panen harganya belum cocok kita masih mau tunggu semusim lagi itu tanaman porangnya wajib kita bongkar.

Jadi dalam satu barisan itu kita bisa kurangi atau bongkar satu umbi sesuai jaraknya bukan juga 1 bedengan itu cuma 1 umbi tapi dalam setiap jaraknya atau barisan itu kita bongkar 1 umbi untuk dipindahkan ke bedengan lain misalnya yang satu jalur saja karena hitungannya kita sudah menanam dari bibit umbi porang.

Memang banyak juga yang bertanya apakah tanaman porang yang masuk musim ke 2 itu harus dibongkar atau tidak. Kawan semua bisa baca penjelasannya di artikel ini Kelebihan dan Kekurangan Umbi Porang yang Tidak Dibongkar

Baca juga :   Popularitas Meningkat Drastis, Inilah Cara Menanam Porang Sampai Panen

Nah itu dia penjelasan jarak tanam porang yang paling ideal jika kita mau menanam dari bibit katak porang super. Bagaimana kalau kita mau menanam dari bibit katak ukuran mini yang isinya 500 biji keatas dalam 1 kg?

Kalau kami mau menanam bibit katak mini seperti ini maka kami biasanya menggunakan jarak tanam 10 cm x 20 cm atau 15 cm x 30 cm dengan catatan kita tanam untuk 1 musim saja karena bertujuan untuk mengembangkan umbinya saja yang nantinya kita bongkar untuk kita pindahkan lagi.

Untuk cara menanam porang kami sudah seperti ini. Jarak tanam porang ini tidak mesti harus diikuti karena tergantung kawan-kawan sendiri tapi menurut kami ini sudah jarak tanam porang yang ideal khususnya menanam porang dari bibit katak porang.

Memang cara menanam porang itu ada banyak metode yang bisa dilakukan. Baik itu cara menanam porang di lahan terbuka atau tanpa naungan, cara tanam porang di polybag maupun budidaya porang di lahan yang ada naungan pohon. Tergantung dari ketersediaan lahan yang dimiliki.

Video penjelasan jarak tanam bibit katak porang selengkapnya bisa cek video dari 3 Putra Binjai Porang. Terimakasih sudah membaca artikel ini semoga bermanfaat.

error: Sok atuh nulis sendiri, jangan asal copy aja hahaha !!