bibit porang polybag

Cara Menanam Porang di Polybag yang Baik dan Bagus

Oke teman teman kali ini kita akan membahas cara menanam porang yang baik dan bagus namun lebih spesifik mengenai cara menanam porang di polybag, isian polybag dan media tanam yang kita gunakan nanti untuk menanam bibit katak porang.

Kebetulan sudah beberapa kali saya menanam katak porang di polybag dan pengen berbagi informasi buat teman teman yang ada di luar sana yang saat ini sudah persiapan bibit katak porang untuk ditanam di media polybag.

Hal terpenting jika anda ingin menanam porang di polybag kita harus tahu isian polybag sebagai media tanam porang, dan kali ini saya akan berbagi informasi komposisi apa saja yang bisa kita gunakan atau racikan apa saja yang saya gunakan untuk tanam katak porang di polybag.

Isian Polybag untuk Media Tanam Katak Porang

Oke disini kita sediakan 4 ember yang sudah kita isi dengan 4 bahan yang berbeda.

cara-menanam-porang-di-polybag

Pertama ini tanah temen-temen, usahakan kalau mau tanam porang di polybag tanah yang kita gunakan itu benar-benar gembur jangan sampai menggunakan tanah yang keras karena nanti akan mengganggu perkembangan atau pertumbuhan umbi yang ada di dalam polibag.

Kedua kita menggunakan arang sekam dari padi. Sekam padi sangat penting sekali sebagai media tanaman porang di polybag untuk menjaga supaya kondisi tanah yang ada di polibag nanti tetap gembur dan tidak padat.

Biasanya kalau kita tidak menggunakan media sekam padi itu nanti ketika kita siram atau ketika nanti terkena hujan, kondisi tanahnya akan padat jadi sekam padi bermanfaat sekali untuk pori-pori tanah dan juga untuk menjaga unsur hara yang ada di tanah.

Komposisi ketiga kita gunakan adalah pupuk kandang yang biasa kami gunakan dari kotoran kambing bukan ayam maupun sapi. Ini tergantung teman-teman juga mau pakai yang mana dan ketersediaan pupuk kandang di daerah masing-masing.

Baca juga :   Tahapan Budidaya Porang dengan Cara Menanam Katak Porang

Kalau saya  sendiri menyarankan pakai pupuk kendang dari kotoran kambing yang udah lama jadi pupuk kandangnya lebih berkualitas apalagi yang sudah difermentasi terlebih dahulu.

Keempat kita pakai pupuk organic, kalau yang ini boleh pakai dan juga nggak pakai yah, cuman opsional atau pilihan saja kalau mau pertumbuhannya bagus pakai pupuk organik.

Biasanya kalau buat isian polybag untuk skala kecil menggunakan komposisi 1 ember tanah, 1 ember pupuk kambing, 1 ember sekam dan 1 ember pupuk organik. Kalau kita pakainya skala besar itu ukurannya tidak pasti yang terpenting nanti kita campur rata itu enggak masalah.

Setelah tercampur rata nanti kita tinggal memasukkan ke media polibag. Nah untuk ukuran polibag kita pakai polybag ukuran 15 cm x 15 cm yang cocok banget nanti untuk tanaman porang dari bibit katak yang paling kecil atau katak mini.

Ini tadi racikan media tanam porang di polibag dalam skala kecil yah tapi kalau skala besar sampai ribuan pakai 1 ember 2 ember nanti kelamaan jadi nanti dikira kira aja temen-temen kurang lebih kita langsung siapkan tanah yang banyak, nanti kita kasih kompos 3 sak atau 4 sak nanti kita campur sekalian dengan sekam dan pupuk organiknya juga, kalau sudah kita campur nanti langsung tinggal kita taruh di media polibag, jadi kurang lebih seperti ini.

Cara Tanam Katak Porang di Polybag

Perlu kita ketahui juga untuk bibit katak porang sebenarnya tidak ada bagian atas ataupun bawah, tergantung tunasnya tumbuh di bagian mana. Jika menanamnya sembarangan apakah bisa tumbuh? Jawabannya tetap bisa, cuman nanti jika sudah keluar tunas lalu posisinya salah maka pertumbuhan porangnya akan terhambat cukup lama nantinya.

Baca juga :   Jarak Tanam Porang Ideal Dari Bibit Katak Porang

Cara menanamnya jangan sampai keliatan ke permukaan tanah, memang masih bisa tumbuh cuman nanti hasilnya kecil dan tumbuhnya kurang maksimal. Jadi disarankan untuk menanam bibit katak semuanya tertutup dengan tanah dan untuk kedalaman lubang kira kira sekitar 5-7 cm, itu tergantung besar kecilnya bibit katak yang akan ditanam.

Untuk posisi bibit kataknya harus ditengah tengah polibag agar pertumbuhannya bisa maksimal, intinya jangan terlalu dangkal ataupun terlalu dalam. Setelah ditanam di media polibag, tunggu sampe tumbuh dan nantinya siap untuk dilakukan pemindahan ke lahan.

Cara menanam porang di polybag itu lebih nyata hasilnya apalagi tanam porang dari bibit katak. Sebelumnya kita udah pernah nyoba cuman skalanya kecil yah kebanyakan yang katak mini itu kita tanam dilahan langsung nyatanya hasilnya lebih bagus di media polibag dan khusus tahun ini kita perbanyak lagi untuk tanaman porang di media polybag.

Kekurangan dari cara menanam porang di polybag itu juga sedikit menguras tenaga yah karena harus mempersiapkan banyak sekali polibag yang harus kita isi, namun hasilnya lebih bagus dibanding bibit katak ini langsung ditanam di lahan.

Oke itu aja temen-temen yang bisa saya sampaikan, semoga sedikit informasi bisa bermanfaat terutama buat teman-teman yang saat ini memang baru belajar bertani porang. Anda juga bisa visit video saya disini yang membahas tentang porang. Terimakasih

error: Sok atuh nulis sendiri, jangan asal copy aja hahaha !!