mengatasi jamur porang

Cara Mengatasi Jamur Pada Tanaman Porang

Kali ini saya akan membahas mengenai penyakit atau juga kendala pada tanaman Porang, yaitu busuk pada pangkal batang. Nah nanti kita akan coba mengulas apa sebenarnya penyakit ini dan bagaimana cara mengatasi jamur tanaman porang.

Busuk pada pangkal batang sebenarnya disebabkan oleh apa? Jadi menurut pendapat saya, berdasarkan pengalaman saya dan hasil analisa saya, busuk pada pangkal batang ini disebabkan oleh adanya jamur pathogen yang berasal dari genus atau marga pitoptora.

Tidak hanya pada Porang saja tetapi juga terjadi pada tanaman seperti cabe, tomat, terong, kakau, kopi, kelapa itu mereka juga bisa terkena jamur pangkal batang. Namun efeknya bisa berbeda dari setiap tanaman.

Jadi jamur yang menyebabkan busuk pada pangkal batangnya adalah jamur dari marga atau genus pitoptora. Nah pitoptora sendiri diambil dari bahasa Yunani yaitu piton dan Tora. Piton artinya tanaman sedangkan Tora artinya adalah penghancur atau yang menghancurkan. Jadi pitoptora atau jamur pitoptora itu artinya yang menghancurkan tanaman.

Jamur patogen ini bisa berasal dari bibit jadi bibit yang akan kita tanam, bisa dikarenakan pupuk kompos yang tidak difermentasi. Pupuk kompos yang tidak difermentasi itu banyak mengandung jamur patogen dan juga bakteri patogen, yang akan membawa bibit penyakit.

Kemudian untuk gejala yang ditimbulkan akibat dari jamur patogen adalah batang dan daun akan layu, menguning kemudian batangnya keriput. Setelah itu lambat laun akan tumbang dan lepas dari umbinya. Sedangkan umbi yang didalam sudah busuk.

Cara penyebaran jamur penyebab busuk pada pangkal batang

  1. Biasanya terjadi ketika drainase airnya itu kurang bagus. Jadi seperti ini, misalkan tidak ada gulutan gulutan ini, ketika turun hujan yang deras air akan menggenang. Biasanya dari air yang menggenang itu bisa menyebabkan penyebaran jamur.
  2. Penyebaran yang kedua bisa terjadi karena faktor manusia. Jadi seperti ini, misalkan teman teman melakukan pengurukan atau penimbunan, tanah kita cangkul kemudian kita naikkan keatas dan buat gulutan diatasnya, itu misalkan dari sini dari bekas akar tanaman yang terkena jamur tadi itu bisa menular ke tanaman Porang yang di sebelahnya.
  3. Bisa melalui kontak langsung dari akar. Misalkan dari akar tanaman yang terkena busuk pangkal batang, jamur patogen itu tadi dia bisa menular ke tanaman yang ada disampingnya.
Baca juga :   Penyebab Penyakit Bercak Daun Porang dan Solusinya

Cara mengatasi jamur busuk pada batang porang

Tidak ada cara yang bisa mengatasi ketika sudah layu, karena batangnya ini otomatis sudah busuk dan mati. Jadi, satu satunya cara adalah dengan upaya preventif melakukan pencegahan. Dengan cara ini kita meminimalisir busuk pada pangkal batang. Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan:

Bisa dengan melakukan pemilihan bibit yang berkualitas. Jadi pastikan bibit itu tidak terkena jamur. Dan jika bibit terkena jamur, kita bisa mengatasinya sebelum tanam dengan menyemprot menggunakan fungisida dan trichoderma. Bisa didapatkan di toko pertanian.

Dengan melakukan fermentasi pada pupuk kompos. Jadi usahakan selalu gunakan pupuk kompos yang sudah di fermentasi, karena pupuk yang tidak difermentasi banyak mengandung bibit penyakit.

Ketika persiapan lahan. Sebelum kita tanam, jika pH tanah itu rendah artinya kadar asamnya itu tinggi, lakukan penaburan dolomit atau pengapuran kapur pertanian agar tanah ini tidak terlalu asam. Ini untuk meminimalisir terjadinya penyebaran jamur penyebab busuk pada pangkal batang.

Memberikan drainase yang bagus. Dalam artian seperti ini, kita buat gulutan tinggi supaya drainase air ini meresap dan tanahnya menjadi bagus dan air tidak menggenang, Karena genangan air bisa menyebabkan cepatnya penyebaran dari jamur dari yang terkena penyakit busuk pangkal batang.

Tidak menggunakan pupuk kimia secara berlebihan. Penggunaan pupuk kimia yang terlalu banyak mengandung nitrogen, urea, ZA, KCL, biasanya dalam penggunaan dosis yang besar akan menyebabkan kadar asam di tanah menjadi naik dan daya tahan terhadap penyakit dia akan rendah. Akhirnya dia mudah terserang bibit penyakit seperti itu.

Setelah tanaman kita terkena busuk pada pangkal batang, kita bisa ambil kemudian mengecek apakah disini ada jamurnya. Usahakan ketika sudah terjadi seperti ini kita ambil dan membuangnya, jangan ada dilahan, sebisa mungkin kita bakar karena sisa jamur yang ada disini sporanya akan terbang atau mungkin terkena air. Pengaruhnya itu akan menyebabkan penularan pada tanaman tanaman yang lain.

Baca juga :   Coba Ini! Cara Menghilangkan Jamur Pada Bibit Katak Porang

Oke sahabat petani Porang kreatif. Jadi seperti itu ulasan kita mengenai jamur penyebab busuk pada pangkal batang.

error: Sok atuh nulis sendiri, jangan asal copy aja hahaha !!