umbi porang manfaat

Umbi Porang Manfaat pada Berbagai Aspek yang Perlu Diketahui

Daftar Isi Artikel

Ragam jenis tanaman sudah cukup banyak berguna dalam membantu manusia salah satunya umbi Porang manfaat pada sejumlah aspek. Mulai dari bidang industri hingga bidang kesehatan sebagai bahan baku suatu produk tertentu.

Meskipun demikian belum semua masyarakat tanah air khususnya, mengetahui apa-apa saja manfaat spesifik yang dimiliki. Untuk itu di bawah ini telah dirangkumkan beberapa poin penting dari kegunaan tanaman Porang.

1. Sebagai Alternatif Cemilan yang Menyehatkan

Manfaat pertama dari umbi Porang adalah bisa digunakan sebagai alternatif cemilan atau makanan ringan yang menyehatkan. Ini karena kandungan serat di dalam Porang yang memiliki konsistensi seperti agar-agar dan tidak berbau.

Olahan agar-agar yang berasal dari umbi tentu dapat dijadikan cemilan sehat sembari menemani rutinitas harian. Kalau memungkinkan simpanlah agar-agar dalam lemari pendingin agar lebih segar saat disantap.

2. Menjadi Bahan Baku Pembuatan Perekat

Manfaat yang kedua, umbi Porang dapat dijadikan sebagai bahan baku pembuatan perekat atau lem. Dimana daya rekat yang dimiliki tak kalah kuat dibandingkan lem dengan bahan dasar lainnya.

Di samping itu, bahan baku pembuatan umbi Porang tidak berbau menyengat sehingga lebih ramah lingkungan. Inilah alasan mengapa saat ini cukup banyak industri yang memanfaatkannya.

3. Mengatasi Gangguan Pencernaan

Manfaat ketiga berkaitan dengan kandungan serat yang terdapat dalam Porang senilai 25% memberikan manfaat tidak hanya untuk industri makanan. Namun juga bidang kesehatan salah satunya dapat digunakan untuk mengatasi gangguan pencernaan, sembelit. 

Serat tersebut nantinya akan mempermudah pelunakan feses dan kelancaran pergerakan atau motilitas usus. Atas kemampuan ini kotoran yang seharusnya dikeluarkan pada waktunya akan semakin mudah dan tidak menimbulkan gangguan.

Baca juga :   Cara Tanam dan Harga Bibit Tanaman Porang

4. Mengendalikan Kolesterol dan Gula Darah

Selain umbi Porang manfaat terhadap gangguan sembelit, umbi juga mampu mengendalikan kadar kolesterol dan gula darah. Dimana kandungan glukomanan membantu pengurangan kolesterol dalam tubuh individu.

Sementara gula darah bisa dikontrol karena kandungan serat dalam Porang yang menjadikan individu cenderung tidak sembarang makan. Dengan begitu, kestabilan gula darah dapat terjaga terlebih bagi penderita Diabetes.

5. Menjadi Bahan Baku Pembuatan Obat

Tidak terbatas hanya pada industri yang bergerak di bidang pembuatan perekat atau lem saja. Umbi Porang bisa dimanfaatkan pada industri kesehatan khususnya sebagai bahan baku pembuatan kapsul.

Pemilihan penggunaan dalam pembuatan kapsul obat-obatan bukan tanpa alasan, tetapi karena kemampuan daya rekat di dalamnya. Seperti yang sudah dijelaskan umbi Porang memiliki kandungan glukomanan yang mendukung perekatan.

6. Sebagai Alternatif Bahan Pembersih Air

Manfaat umbi Porang selanjutnya bisa menjadi alternatif bahan pembersih air yang kotor atau tercemar. Ini karena adanya kandungan glukomanan yang mampu menjernihkan air, keloid, minyak, dan gula.

Dimana kandungan glukomanan yang nantinya larut dalam air akan membantu proses pemurnian langsung. Tentu masyarakat bisa sedikit tenang saat menggunakan air yang tadinya sudah terlanjur tercemar.

7. Menjadi Bahan Baku Pengental Produk Kuliner 

Manfaat terakhir dari Porang adalah dapat digunakan pada pembuatan produk-produk berjenis kuliner yang membutuhkan proses pengentalan. Beberapa diantaranya, es krim, sirup, bahan campuran roti, kue, selai, permen dan makanan Jepang.

Kembali lagi, pengentalan terjadi disebabkan oleh glukomanan yang terkandung dalam umbi Porang. Produsen dapat memilih sebagai bahan baku yang lebih alami sehingga bisa menyehatkan para calon konsumen. 

Demikian informasi yang sekiranya dapat memberikan gambaran mengenai umbi Porang manfaat tidak hanya terbatas pada satu jenis aspek kehidupan. Namun perlu diingat semua manfaat dari Porang ada baiknya mengikuti standar prosedur apalagi yang berkaitan dengan bidang kesehatan.

Baca juga :   Ketahui Cara Tanam Bibit Porang Cabutan Anti Gagal
error: Sok atuh nulis sendiri, jangan asal copy aja hahaha !!