olahan porang untuk kesehatan

8 Manfaat Olahan Porang untuk Kesehatan

Daftar Isi Artikel

Di antara banyaknya manfaat dari tumbuhan porang, salah satunya bermanfaat untuk kesehatan. Olahan porang untuk kesehatan bisa dibuat menjadi berbagai macam jenis makanan yang sangat cocok untuk makanan diet, karena berfungsi dalam mengantisipasi dan mencegah berbagai penyakit. Selain itu, olahan porang juga digunakan untuk industri obat-obatan dan kosmetik.

Kadar Glukomanan yang tinggi pada umbi porang adalah kunci utama dari banyaknya khasiat atau manfaat porang. Untuk memperoleh glukomanan ini terbilang tidak mudah, karena di dalam porang juga terkandung zat racun yaitu kalium oksalat atau asam oksalat yang berbahaya bagi tubuh. 

Supaya porang dapat dikonsumsi, makan kedua kandungannya yang bertolak belakang dalam efeknya bagi tubuh harus dipisahkan. Glukomanan yang sangat bermanfaat harus dipisahkan dari asam oksalat yang berbahaya. Apabila telah hilang kandungan asam oksalatnya, baru porang dapat diolah dan dikonsumsi menjadi makanan.

Beberapa manfaat olahan porang untuk kesehatan antara lain:

1. Menurunkan dan Mengendalikan Kadar Kolesterol

Glukomanan memiliki kemampuan untuk mengikat zat asam empedu. Sehingga zat asam empedu tersebut dapat dikeluarkan dari dalam tubuh. Dengan demikian kolesterol jahat yang terdapat dalam tubuh dapat dikendalikan apabila sering mengonsumsi makanan dari olahan porang.

2. Menurunkan Gula Darah

Olahan porang cocok dikonsumsi oleh penderita diabetes, karena kandungan gulanya sedikit, bahkan bisa nol. Sebab serat alami yang tinggi dalam porang dapat mengontrol rasa lapar, sebab efek kenyang yang diberikan cukup lama. Hal ini dapat berdampak baik bagi kestabilan gula darah.

3. Menurunkan Resiko Penyakit Jantung

Glukomanan yang dapat mengendalikan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh, sehingga dapat mencegah berbagai penyakit termasuk penyakit jantung. Hal ini dikarenakan glukomanan yang terdapat dalam porang dapat menurunkan kadar kolesterol yang disebut kolesterol HDL dan LDL. Selain penyakit jantung, dapat pula menghindari resiko terkena penyakit stroke.

Baca juga :   Beras Shirataki, Beras Viral dari Tanaman Porang dengan Nol Kalori

4. Menurunkan Berat Badan

Nasi Shirataki memberikan rasa kenyang lebih lama, sehingga sangat cocok dikonsumsi oleh orang yang sedang melakukan program diet untuk menurunkan berat badan. Menurut sebuah penelitian, suplemen glukomanan apabila dikonsumsi dapat membakar 1200 kalori secara efektif. Sehingga berbagai makanan dari olahan porang sebaiknya menjadi menu yang kita masukkan dalam menu diet.

5. Mengatasi Sembelit

Serat alami yang terkandung dalam porang mampu melunakkan feses, sehingga memperlancar saluran pencernaan, serta membantu pergerakan usus. Dengan demikian tentunya pengeluaran feses menjadi mudah dan lancar. 

6. Prebiotik Alami

Sudah banyak disebutkan bahwa serat berfungsi untuk merawat saluran pencernaan. Selain itu juga mencegah usus dari berbagai penyakit seperti usus buntu serta kanker usus. Manfaat dari kandungan serat dalam porang ini sudah dibuktikan dengan penelitian yang hasilnya telah dirilis pada tahun 2008 dalam Journal of the American College of Nutrition.

Glukomanan dapat memproduksi bakteri baik yang berguna bagi tubuh, seperti asam laktat dan bifidobakteria. Selain itu juga dipercaya mengkonsumsi porang bagus untuk detoksifikasi. Namun, hingga saat ini belum terungkap penelitian tentang fungsi porang untuk detoksifikasi. Akan tetapi sebagai prebiotik alami tentu porang memberikan efek yang sangat bagus bagi kesehatan.

7. Mengatasi Jerawat

Pada tahun 2013 sebuah jurnal penelitian dirilis oleh American Journal of Dermatology and Venereology. Penelitian tersebut menjelaskan bahwa glukomanan memiliki manfaat untuk merawat kulit. Dari penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa mengonsumsi olahan porang dapat menghilangkan jerawat dan membuat kulit menjadi lebih sehat.

8. Dapat Menurunkan Hormon Tiroid

Sebuah penelitian yang memberikan glukomanan terhadap pasien hipertiroid, memberikan hasil bahwa terdapat penurunan hormon tiroid pada pasien tersebut. 

Baca juga :   Manfaat Umbi Porang Adalah Untuk Bahan Baku Industri dan Makanan, Simak Penjelasannya!

Masih banyak manfaat olahan porang untuk kesehatan lainnya, di antaranya mengurangi peradangan, mengatasi alergi, mencegah penuaan, meningkatkan kadar antioksidan, melindungi kulit dari sinar uv, mengobati asma, mengobati luka bakar, mengobati hernia, dan mengatasi batuk.

Begitu banyaknya manfaat olahan porang untuk kesehatan. Penelitian-penelitian baru mungkin akan terus bermunculan dengan fakta-fakta baru tentang manfaat porang.

Makanan Sehat dari Olahan Porang

Olahan porang telah banyak dibuat dan dikonsumsi oleh masyarakat Asia sejak ribuan tahun lalu. Misalnya nasi Shirataki  yang telah lebih dari dua ribu tahun menjadi andalan konsumsi  wanita Jepang untuk tetap memiliki berat badan yang ideal. Menurut sejarah, Indonesia dapat mengenal porang pun dari tentara Jepang di masa penjajahan dahulu.

Olahan porang untuk kesehatan saat ini sudah dapat mulai dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia juga. Sebab olahan-olahan ini sekarang sudah ada di supermarket dan juga bisa dibeli online. Walau sangat disayangkan harganya masih sangat mahal, jauh berbeda dari makanan sejenis pada umumnya. Namun, itu sesuai juga dengan manfaatnya.

Olahan porang tersebut di antaranya:

  • Beras Shirataki
  • Mie Shirataki
  • Konyaku / Tahu Jepang dari Porang
  • Agar-Agar

Harapan ke depannya semoga berbagai olahan porang dapat diperoleh oleh masyarakat dengan mudah dan harganya terjangkau. Pabrik pengolahan porang di Indonesia yang  memproduksi makanan olahan porang semoga semakin banyak.

Sehingga akan membuat persaingan harga yang menguntungkan semua pihak. Supaya nantinya manfaat olahan porang untuk kesehatan dapat dirasakan oleh semua lapisan masyarakat.

error: Sok atuh nulis sendiri, jangan asal copy aja hahaha !!