kegunaan porang di luar negeri
Image by YT Creative Konjac Farm

9 Kegunaan Porang di Luar Negeri

Daftar Isi Artikel

Umbi porang menjadi komoditas ekspor saat ini karena permintaan pasar yang banyak dari luar negeri. Wajar saja sih karena porang banyak kegunaan porang di luar negeri yang dimanfaatkan bukan hanya untuk bahan makanan tetapi untuk bahan lainnya.

Penyebab dari banyaknya permintaan ekspor umbi porang atau olahannya berupa chips maupun tepung dikarenakan kandungan dari umbi porang yang bermanfaat banyak. Apa saja kandungan kegunaan atau manfaat umbi porang tersebut? Di bawah ini penjelasan lengkapnya:

Kandungan Umbi Porang

Kandungan utama pada umbi porang yang menyebabkan luar biasanya kegunaan porang di luar negeri adalah terkandungnya glukomanan.

Dimana glukomanan tidak terkandung dalam umbi jenis iles-ilesan lain. Glucomannan inilah yang membuat porang memiliki nilai ekonomis yang jauh lebih tinggi dibanding tumbuhan lain yang sejenisnya.

Kandungan lengkap umbi porang sebagai berikut:

  • Glucomannan sebanyak 45%. 
  • Protein sebanyak 9,7%. 
  • 16 jenis asam amino hingga 7,8%. 
  • 7 asam amino esensial hingga 2,5%. 
  • Kalsium, Fosfor, Besi, Zinc, Mangan, Tembaga, serta Serat yang tinggi. 

Untuk hitungan kandungan gizi yang terdapat dalam 100 gram umbi porang ialah: 

  • Glucomannan sebanyak 50 g. 
  • Karbohidrat (glukosa, fruktosa, sukrosa) 
  • Protein dengan jumlah  1,64 g. 
  • Lemak terdapat 0,0004 g. 
  • Fosfor sebanyak 57 mg. 
  • Zat besi 4,06 mg. 
  • Mangan  0,2 mg.
  • Tembaga sebanyak 0,08 mg.

Manfaat atau Kegunaan Porang di Luar Negeri

Dari informasi kandungan umbi porang di atas, kita dapat menyimpulkan bahwa umbi porang mengandung nilai gizi tinggi dan sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Benar memang salah satu manfaat porang adalah untuk kesehatan. Namun selain untuk kesehatan, masih banyak kegunaan porang di luar negeri lainnya. Itulah mengapa porang diburu oleh pelaku berbagai industri sebagai komoditas ekspor.

Berikut ini beberapa kegunaan porang di luar negeri:

1. Bahan Makanan Sehat

Umbi porang yang mengandung glucomannan, serat yang tinggi, serta kandungan lain sangat bermanfaat bagi kesehatan. Oleh karena itu umbi porang banyak diolah menjadi makanan sehat.

Baca juga :   Apa itu Porang dan Manfaatnya? Simak Penjelasan Selengkapnya

Makanan yang dibuat dari olahan umbi porang dapat mengatasi berbagai penyakit seperti kanker, sembelit, mengurangi berat badan, dan lain-lain.

Pengolahan umbi porang menjadi makanan sudah berlangsung sejak lama, terutama di Asia. Umbi porang diolah menjadi berbagai jenis makanan, di antaranya nasi Shirataki, mie shirataki, agar-agar. dan Konyaku (tahu jepang). 

2. Bahan Kosmetik

Glucomannan dapat bermanfaat untuk mengurangi jerawat dan sebagai pelindung dari sinar UV. Hal ini membuat umbi porang banyak digunakan sebagai bahan baku kosmetik.

Kosmetik yang dibuat dengan campuran dari olahan umbi porang diklaim dapat mengatasi masalah pada kulit dan menunda penuaan kulit.. 

3. Bahan Farmasi atau Obat-Obatan

Kandungan umbi porang juga digunakan sebagai bahan baku farmasi atau obat-obatan. Glucomannan dapat menurunkan kadar gula dalam darah, mengurangi risiko penyakit jantung, mengatasi alergi, mengurangi peradangan, mengobati luka bakar, dan lain-lain. Karena inilah kegunaan porang sangat diperlukan dalam pembuatan obat-obatan.

4. Bahan Baku Industri

Dengan beragamnya manfaat dari glucomannan, membuat beragam pula kegunaan porang. Berbagai industri menggunakannya sebagai bahan baku maupun bahan tambahan pada berbagai macam produk.

Selain yang sudah disebutkan di nomor sebelumnya, porang juga digunakan dalam industri-industri lain. Bahkan menjadi bahan baku bagi pembuatan komponen pesawat terbang.

Banyaknya kegunaan porang di luar negeri untuk bermacam industri ini yang membuat pasokan porang selama ini masih kurang. Jumlah produksi yang dicapai masih belum mampu mengimbangi kebutuhan.

5. Pembersih/Penjernih Air

Glucomannan dapat membantu pemurnian air dan keloid yang terdapat dalam bir, gula, minyak, dan juga serat. Dengan tanaman porang yang mengandung glucomannan, air yang kotor dapat dijernihkan. Hal ini karena glucomannan dapat larut dalam air sehingga air tersebut dapat menjadi jernih kembali.

Baca juga :   Update! Ekspor Porang Mulai Dibuka Negara Ini

6. Bahan Pembuat Lem Alami yang Ramah Lingkungan

Lem biasanya memiliki aroma tajam dan menyengat, membuat kurang nyaman saat menggunakannya. Padahal, lem sangat banyak dibutuhkan untuk berbagai hal.

Porang dapat menjadi alternatif bahan baku pembuatan lem yang ramah lingkungan tanpa aroma yang tajam sebagaimana lem yang dengan bahan lain.

Daya lengket atau daya rekat yang dimiliki glucomannan membuatnya dapat digunakan untuk pembuatan lem yang bagus dan alami.

7. Pengental Es Krim

Es krim merupakan camilan yang banyak digemari, baik di Indonesia maupun di dunia. Namun es krim sangat mudah meleleh bila berada di luar freezer. Kenikmatan es krim tentu tidak sempurna jika dikonsumsi dalam keadaan sudah meleleh.

Tapi zat glucomannan yang terkandung dalam porang dapat membuat es krim cenderung tahan lama. Penggunaan glucomannan sebagai pengental es krim membuat es krim cenderung lebih tahan dan tidak mudah mencair.

8. Bahan Isolator Listrik

Bentuk dari glucomannan yang berupa gel membuatnya dapat digunakan sebagai pengganti gel silikon. Sebagaimana diketahui bahwa gel silikon merupakan pencegah penghantar listrik.

Penggunaan glucomannan sebagai pengganti gel silikon menambah daftar kegunaan porang bagi kepentingan industri di dunia.

9. Bahan Baku Cat Waterproof 

Senyawa glucomannan apabila dicampurkan dengan gliserin dan natrium hidroksida dapat digunakan sebagai pembuat bahan aktif yang mampu menahan air. Ini membuatnya sangat cocok untuk digunakan sebagai bahan baku cat waterproof. 

Kegunaan porang di luar negeri memang dibutuhkan dalam berbagai bidang industri. Indonesia sebagai penghasil porang diharapkan dapat memanfaatkan hal ini untuk lebih mampu memenuhi permintaan kebutuhan akan porang.

Sebab melihat dari manfaatnya yang sangat banyak, seharusnya porang memiliki kontinuitas permintaan yang tidak akan putus. Sehingga, usaha porang mulai dari tingkat petani hingga eksportir akan terus berjalan dan memberikan kesejahteraan bagi banyak pihak.  

error: Sok atuh nulis sendiri, jangan asal copy aja hahaha !!