apa itu porang dan manfaatnya
apa itu porang dan manfaatnya

Apa itu Porang dan Manfaatnya? Simak Penjelasan Selengkapnya

Daftar Isi Artikel

Rupanya kini masih banyak masyarakat yang belum mengetahui terkait apa itu porang dan manfaatnya. Padahal tanaman umbi-umbian ini telah banyak digunakan sebagai bahan baku dalam pembuatan tepung porang. Sekaligus juga dalam hal penjernih air, tidak lupa juga memiliki manfaat dalam bidang kosmetik.

Bahkan beberapa tahun terakhir tanaman tersebut laris manis untuk diekspor ke luar negeri. Ini dikarenakan adanya kandungan glukomanan yang terdapat dalam tanaman porang sekaligus juga memiliki manfaat yang beragam untuk berbagai keperluan. Maka dari itu simak berbagai penjelasan selengkapnya seperti berikut:

Mengenal Porang

Penjelasan pertama tentu saja berkaitan dengan apa itu porang dan manfaatnya. Karena dengan mengenal jenis tanaman pastinya pengguna akan lebih paham manfaat dari keberadaan tanaman tersebut. 

Tumbuhan dengan nama latin amorphophallus muelleri termasuk jenis tanaman herbal dengan tinggi berkisar hingga 1,5 meter. Umumnya ini juga biasanya tumbuh pada daerah hutan tropis. 

Dengan ketinggian mencapai 700 mdpl. Agar lebih mudah membedakannya maka dari itu simak berbagai penjelasan berkaitan dengan ciri-ciri dari tanaman porang untuk mengenal lebih lanjut:

  • Pertama terdapat bercak dengan warna belang hijau putih pada bagian daunnya.
  • Ukuran daun memiliki lebar serta bentuk runcing pada bagian ujung serta warna hijaunya jauh lebih mudah.
  • Pada kulit batang memiliki warna yang kekuningan sekaligus tekstur lebih halus.
  • Terakhir pada setiap cabang terdapat adanya mobil atau juga yang dikenal dengan istilah kata.

Manfaat Tanaman 

Kegunaan tentu saja jadi pertanyaan banyak kalangan terkait apa itu porang dan manfaatnya. Mengingat keberadaan tanaman yang dianggap memiliki harga ekonomi tinggi ini jika dijual terlebih di ekspor. Padahal jika berbicara dari segi kesehatan tanaman tersebut memiliki segudang manfaat.

Baca juga :   Begini Fase Pertumbuhan Porang Agar Panen Melimpah

Menariknya lagi tidak hanya dalam segi kesehatan tetapi juga biasa digunakan untuk sejumlah bahan baku dalam pembuatan industry. Hal ini tentunya membuat keberadaan dan nilai daripada tanaman porang ini akan semakin bertambah. Maka dari itu simak penjelasan selengkapnya seperti berikut:

1. Menurunkan Kadar Kolesterol

Keberadaan dari perang rupanya memiliki manfaat dalam hal menurunkan kadar kolesterol di darah. ini menjadi jawaban pertama untuk apa itu porang dan manfaatnya. Hal ini dikarenakan adanya kandungan glukomanan yang terdapat dalam tanaman porang. 

Karena kandungan glukomanan tersebut mampu menyerap air yang nantinya akan mengikat sejumlah garam yang terdapat di empedu. Sehingga juga memperlambat proses daur ulang. Dengan adanya hal ini menyebabkan hati untuk mengambil kolesterol dari darah.

2. Bahan Baku Industri

Manfaat selanjutnya dari keberadaan porang adalah dijadikan dasar dalam pembuatan sejumlah bahan industry. Karena nyatanya kandungan yang terdapat dalam tanaman porang ini memiliki manfaat besar dalam berbagai aspek. Misalnya untuk industri pangan sejumlah industri farmasi termasuk juga dengan hal kimia.

Juga dijadikan sebagai pembuatan dalam produk mie atau juga permen. Sekaligus juga beberapa produk kue lalu untuk industri kimia sendiri biasanya digunakan dalam pembuatan bahan perekat. Seperti lem, pelapis kedap air sekaligus juga penguat tenun kain.

Itulah berbagai penjelasan singkat terkait dengan apa itu porang dan manfaatnya. Jadi bisa disimpulkan bahwasanya orang ini memiliki berbagai macam manfaat atau kegunaan. Juga masih banyak terdapat sejumlah kegunaan lain daripada tanaman jenis ini.

Termasuk dalam hal bisa membantu dalam menurunkan berat badan. Karena ya tanya tanaman tersebut memiliki kemampuan dalam hal mekanisme untuk menunda pengosongan lambung. Akibatnya yang mengkonsumsi tanaman tersebut bisa memberikan Efek atau perasaan kenyang dan perut yang terasa penuh.

Baca juga :   Cara Menghilangkan Gatal pada Porang dengan Cukup Mudah
error: Sok atuh nulis sendiri, jangan asal copy aja hahaha !!