bibit-porang

Memilih Jenis Bibit Porang yang Baik Untuk Pemula

Okee sahabat petani porang kita kembali akan menunjukkan mengenai cara memilih bibit porang untuk sahabat petani porang yang masih pemula dan masih baru akan memulai menanam porang di musim ini.

Kami akan menunjukkan jenis-jenis bibit porang karena ternyata masih banyak petani porang yang masih pemula belum memahami mengenai bibit porang itu macamnya ada apa saja kemudian keunggulannya apa saja.

Nah kali ini kita akan membahas jenis- jenis bibit porang sebagai dasar untuk petani porang pemula yang akan memulai untuk membudidayakan porang dimusim ini.

Bibit Umbi Porang

Kita akan membahas pertama itu mengenai bibit dari umbi. Bibit umbi porang ya bibit umbi mini yang beratnya sekitar 2-5 ons dan belum layak masuk ke umbi produksi atau masuk ke pabrik, sehingga bibit ini masih bisa digunakan.

Kelebihannya jika kita memilih bibit umbi porang adalah kita akan lebih cepat panen umbi produksi karena sudah masuk penanaman musim kedua. Biasanya dalam satu musim kita sudah bisa panen umbi produksi yang bobotnya kisaran 2 kg keatas.

Selain kita mendapatkan hasil umbi produksinya, kita juga akan mendapatkan biji katak yang bisa kita jadikan bibit. Jadi kalau kita menanam porang di musim pertama dari bibit umbi yang kita tanam nanti kita sudah mendapatkan umbi produksi dengan bobot 2 kg keatas dan juga kita akan mendapatkan katak sebagai bibit kembali.

Bibit katak yang kita hasilkan nanti dapat kita gunakan untuk perluasan lahan ataumau dijual juga bisa. Kemudian bibit umbi yang bagus itu ya memang di bulan-bulan Juli atu Agustus kualitas bibit umbi porang itu 99% adalah kualitas bibit yang baik.

Kualitas bibit umbi porang di bulan Juli Agustus itu bagus karena bibit umbi yang biasanya didapat dari hutan atau yang potesan/cabutan atau yang dipotong batangnya itu biasanya sudah busuk di bulan-bulan Mei atau Juni sehingga bibit umbi yang bertahan sampai bulan 7 keatas itu adalah bibit dengan kualitas yang terbaik.

Bibit Katak Porang

Jenis bibit porang kedua adalah bibit katak sebagai pilihan yang kedua untuk petani porang. Bibit katak ini ada yang mungkin beberapa orang itu menamakan bibit katak super, jadi banyak yang bertanya bibit katak super itu sebenarnya yang seperti apa?

Jadi yang dikatakan super itu kalau dalam kamus besar Bahasa Indonesia itu artinya adalah istimewa atau memiliki kelebihan daripada yang lainnya sehingga bibit katak super itu bisa diartikan bibit katak yang memiliki kualitas istimewa dan memiliki kelebihan dibanding bibit katak yang lain

Baca juga :   Cara Mengetahui Bibit Porang yang Kualitas Bagus

Ada beberapa daerah atau beberapa wilayah dan juga beberapa petani di wilayah tertentu mereka menganggap bahwa bibit katak super itu lebih baik yang berada ditengah batang nahh itu benar kenapa benar?

Karena bibit katak yang berada ditengah yang paling tengah nah itu dia biasanya ukurannya paling besar sehingga dia memiliki keistimewaan, keistimewaannya ukurannya lebih besar daripada ukuran yang lain.

Tetapi beda wilayah juga memiliki perbedaan penafsiran seperti di daerah saya bahwasanya bibit katak super itu artinya adalah bibit katak dari hasil budidaya dan katak itu sudah dalam keadaan tua atau diambil ketika sudah benar-benar dorman

Jika kita menanam porang dari bibit katak dalam satu musim ini mampu menghasilkan umbi kisaran 5 ons sampai 1 kilo dan kita akan memanen bibit katak.

Bibit Spora Porang

Jenis bibit porang selanjutnya adalah bibit dari biji bunga nah bibit dari biji bunga ini dia diambil ketika biji bunga porang itu dia sudah dalam keadaan dorman sama yaa jadi porang itu ada porang jantan yang dinamakan porang jantan adalah porang yang memunculkan bunga, ketika bunga itu dia nanti sudah menghasilkan biji ketika sudah berwarna merah kemudian jatuh nah itu nanti kita ambil kita kupas kulitnya dan ini bisa digunakan sebagai bibit.

Dari bibit biji bunga ini ini adalah solusi ya untuk petani porang yang mungkin tidak terlalu berambisi cepat dalam memanenkan porang nya jadi ini adalah untuk investasi jangka panjang ya 2 tahun atau 3 tahun ini sudah bisa dipanen.

2 tahun pun selama dia dirawat dengan bagus dan kondisi tanahnya itu subur kegemburan tanahnya itu bagus dalam 2 musim itu sudah bisa dipanen, meskipun ya masih minim secara bobotnya akan tetapi sudah diatas 5 ons itu sudah masuk ke umbi produksi.

Nah ini cocok untuk perluasan lahan untuk biji bunga ya karena biji bunga ini meskipun dia kecil tetapi dia juga mampu tumbuh ya kecil pun dia akan mampu tumbuh.

Untuk petani porang khususnya petani porang pemula mereka kebanyakan itu masih ragu, masih ragunya seperti ini jadi masih ragu ketika ingin memulai menanam porang kemudian hal pertama yang harus dipersiapkan itu adalah bibit.

Bibit ialah kunci utama atau yang nomor 1 harus kita lakukan dalam memulai menanam porang itu adalah bibit, kita tentukan dulu bibit nya dari apa?

Baca juga :   Mengenal Umbi Porang Tanaman Ekspor Secara Lebih Dekat

Apakah dari katak ataukah dari umbi ataukah dari biji bunga?

Selama bibit ini dia benar-benar dalam keadaan dorman atau sudah tua, semuanya bagus akan tetapi ada perbedaan dari segi modal kemudian dari segi hasil itu akan berbeda diwaktu panennya, ini ada banyak ya mulai bibit umbi kemudian ada bibit katak dan juga biji bunga itu ada.

Dan ini satu lagi mengenai bibit porang itu kenapa bibit porang itu kian hari harganya kenapa semakin mahal? jadi alasannya karena kita tahu sudah beberapa tahun mulai saya amati mulai 3 tahun yang lalu itu ketika banyak petani pemula yang memulai menanam porang di wilayahnya itu banyak orang-orang yang membully atau mencemooh apakah porang ini ketika sudah banyak yang tanam seperti saat ini apakah nanti harganya akan bagus ataukah harganya akan turun.

Nah banyak yang membully seperti itu dan ternyata setelah 1 tahun berlalu harga porang dia tetap stabil untuk hasil produksinya kemudian di tahun berikutnya banyak lagi yang mengembangkan dan juga banyak semakin banyak orang yang membully atau mencemooh, ini nanti yang meragukan apakah nanti kedepannya juga akan stabil dan ternyata ditahun berikutnya pun akan tetap stabil sampai ditahun ini ya.

Ketika tahun 2019 itu sudah banyak yang menanam banyak yang meragukan apakah di tahun 2020 bibit porang ini maksud saya umbi produksi dari porang apakah harganya tetap stabil dan ternyata sampai hari ini pun harganya tetap stabil masih stabil seperti tahun-tahun sebelumnya, sehingga ditahun ini pun banyak sekali yang mulai membudidayakan porang bukan hanya dari kalangan petani bahkan sudah banyak pengusaha yang sudah terjun ke bisnis porang ini karena justru porang ini memang sangat menggiurkan pasarnya pun luas.

Untuk pasar itu tidak hanya di Asia saja bahkan sudah merambah ke Eropa kemudian ke Amerika itu sudah merambah luas sehingga tidak heran jika banyak pengusaha yang berinvestasi secara besar-besaran untuk membudidayakan porang, karena ya pasarnya jelas dan porang ini sangat dibutuhkan diseluruh di hampir sebagian dari dunia.

Jadi porang ini adalah kebutuhan dunia bukan hanya asia saja nah itu alasannya banyak pengusaha yang memulai berbisnis porang dan membudidayakan porang nah itu, jadi ini tadi adalah yang saya jelaskan mengenai jenis-jenis bibit porang dan juga kelebihannya masing masing dan juga karakternya itu. Oke sementara seperti itu penjelasan kali ini semoga sedikit informasi ini bermanfaat.

error: Sok atuh nulis sendiri, jangan asal copy aja hahaha !!