umbi porang manfaat

Inilah 6 Kegunaan Porang Di Luar Negeri Yang Wajib Diketahui

Daftar Isi Artikel

Porang adalah jenis tanaman umbi-umbian. Sebelumnya tanaman ini hampir diabaikan karena umbinya yang menyebabkan gatal-gatal jika tidak diolah dengan benar. Namun kini banyak kegunaan porang di luar negeri yang sangat bermanfaat dan menjadi salah satu produk unggulan.

Banyaknya kegunaan porang, membuat petani berminat untuk budidaya. Di samping nilai jualnya yang tinggi, proses budidayanya pun tergolong sangat mudah dan sederhana. Berikut beberapa kegunaan dari tanaman porang yang perlu diketahui, antara lain:

1. Dimanfaatkan Untuk Berbagai Industri Pangan

Seperti yang diketahui, porang mengandung glukomanan yang cukup tinggi. Dengan fakta tersebut maka kegunaan porang di luar negeri maka banyak dimanfaatkan untuk berbagai industri pangan. Contohnya di Jepang sering digunakan sebagai bahan dasar pembuatan konyaku dan mie shirataki.

Tidak hanya itu, namun juga pada pembuatan es krim, permen, hingga jeli. Salah satu ciri khas dari tanaman porang ialah Kandungan glukomanan yang tergolong cukup tinggi. Porang juga berfungsi sebagai emulsifier yang sering diekspor ke Jepang.

2. Bahan Pembuatan Obat-Obatan

Kegunaan porang di luar negeri juga dijadikan sebagai bahan pembuatan obat-obatan. Ini karena terdapat kandungan KGM yang bermanfaat untuk dunia medis. Porang digunakan sebagai bahan untuk membentuk kapsul. Ini karena porang mengandung lem alami yang bisa merekatkan kapsul obat.

3. Sebagai Makanan Diet

Porang seringkali dimanfaatkan sebagai makanan diet karena rendah kalori oleh penduduk Amerika Serikat. Selain karena rendah kalori, prang juga dinilai mampu membersihkan saluran pencernaan dengan baik. Porang kaya akan karbohidrat, lemak, hingga serat makanan.

Kandungan karbohidrat yang ada  pada porang menjadikan tanaman ini dibandrol dengan harga yang cukup tinggi. Ketika dikonsumsi, maka glukomanan tidak akan mudah dicerna. Hal ini karena zat tersebut merupakan nutrisi yang tergolong karbohidrat rantai panjang.

Baca juga :   Ketahui Prospek Tanaman Porang, Manfaat, dan Syaratnya

4. Sebagai Lem Alami

Lem tentu menjadi salah satu alat yang sangat berfungsi. Jika pada umumnya lem memiliki aroma yang menyengat dan tidak mampu menempel pada pakaian, maka porang berbeda. Umbi porang bisa menjadi alternatif sebagai perekat alami yang bisa digunakan.  

Di dalam porang terkandung konjac yang berfungsi sebagai perekat yang sangat baik. Tidak hanya itu, penggunaan porang sebagai lem juga dinilai juga ramah lingkungan sehingga sangat direkomendasikan untuk digunakan.

5. Sebagai Bahan Dasar Kosmetik

Kegunaan porang di luar negeri berikutnya khususnya di Jepang yaitu dijadikan sebagai bahan dasar kosmetik. Sebelum diolah lebih lanjut biasanya porang akan dibuat dalam bentuk tepung. Berbagai kandungan yang ada di dalamnya mampu memberikan manfaat terutama bagi kulit.

Salah satunya yaitu apabila porang dicampur dengan bengkoang maka akan meningkatkan kandungan vitamin C. Dengan begitu sangat bagus digunakan untuk mencerahkan kulit wajah. Porang juga bisa membantu menghilangkan jerawat karena kandungan glukomanan.

Selain menghilangkan jerawat,  mampu mengatasi peradangan pada kulit karena berperan sebagai anti-inflamasi. Dengan berbagai manfaat tersebut tidak heran jika porang dijadikan sebagai bahan dasar pembuatan kosmetik.

6. Pembersih Air

Porang juga bisa digunakan sebagai pembersih air yang tercemar. Ini karena kandungan glukomanan yang mampu memurnikan air dan keloid dari bir hingga serat. Kandungan pada porang tersebut bisa larut dalam air dan memurnikan air tersebut menjadi bersih dan jernih.

Itulah beberapa kegunaan porang di luar negeri. Tidak hanya dijadikan sebagai bahan dasar pada industri pangan, namun juga dimanfaatkan untuk berbagai industri seperti farmasi hingga kosmetik. Banyaknya manfaat yang diberikan, tidak heran jika porang semakin populer di mancanegara.

Baca juga :   Cara Membuat Tepung Porang Hingga Jadi Bahan Baku Ekspor Porang
error: Sok atuh nulis sendiri, jangan asal copy aja hahaha !!