cara tanam porang di tanah gambut

Ini Tahapan Cara Tanam Porang di Tanah Gambut

Daftar Isi Artikel

Masih banyak yang belum paham cara menamam porang yang benar menjadikan petani merasa bingung untuk memulai. Salah satu yang sering ditanyakan adalah, bagaimana cara tanam porang di tanah gambut? Sebab di Indonesia ini tanah atau lahan gambut sangat luas. Akan sangat menguntungkan jika bisa digunakan untuk budidaya porang.

Tanah gambut bisa ditanami porang dengan hasil yang tetap memuaskan. Tapi, tanah gambut yang biasanya PH tanahnya hanya 4 tidak memenuhi persyaratan bagi tumbuhnya porang yang minimal tumbuh di tanah dengan PH 6-7. Tetapi masalah ini bisa diatasi. Dalam tulisan ini akan dibahas cara menanam porang di tanah gambut.

Persiapan Lahan Gambut Untuk Tanam Porang

Harus diperhatikan cara tanam porang di tanah gambut itu mengenai persiapan lahan tanaman porang yang agak sedikit berbeda dengan lahan lainnya. Sebab, seperti yang sudah diketahui, salah satu syarat tumbuh porang adalah PH tanah antara 6-7. Sedangkan PH lahan gambut hanya sekitar 4. 

Berikut ini adalah tahapan persiapan lahan untuk tanah gambut

  1. Bersihkan tanah dari rumput dan berbagai sisa tanaman agar nanti tidak mengganggu tanaman porang
  2. Buat guludan / bedengan / gundukan tanah yang lebih tinggi dari genangan air dengan lebar 1,5 meter dan panjangnya bisa sepanjang lahan tersebut. Yang harus diperhatikan, jika tanah berair guludan harus lebih tinggi dari permukaan air. Sebab, jika air menggenangi guludan tanah setelah umbi ditanam, umbi akan mengalami kebusukan
  3. Guludan tanah yang sudah dibuat, tidak bisa langsung ditanami, melainkan harus dinaikan dulu PH tanahnya dengan cara menaburkan kapur dolomit pada guludan.
  4.  Setelah guludan diberi kapur, berikan juga pupuk kandang. Sangat baik jika pupuk kandang sudah difermentasi
  5. Biarkan guludan selama satu bulan sebelum ditanami
Baca juga :   Tips Persiapan Lahan untuk Budidaya Porang

Persiapan Bibit

Bibit tanam bisa memakai bibit apa saja, bibit umbi, bibit katak, bibit biji, maupun bibit di polybag. Persiapan bibit tidak jauh berbeda dengan persiapan bibit pada umumnya. Yaitu:

  1. Kelompokan / seleksi bibit berdasarkan ukuran dan kualitasnya
  2. Pisahkan pula bibit yang cacat seperti luka kena cangkul saat dipanen, mulai busuk, atau kering (kadar airnya tinggal sedikit)
  3. Lakukan penjemuran pada bibit yang lukan dan busuk, sebelumnya bagian yang luka bisa dilumuri dengan abu untuk mencegah jamur
  4. Untuk bibit yang kadar airnya kurang bisa dilakukan perendaman selama sekitar satu jam

Cara Tanam Porang di Tanah Gambut

Setelah satu bulan dari sejak lahan atau guludan diberi kapur dolomit dan pupuk kandang, penanaman sudah bisa dimulai. Dengan bantuan dari kapur dolomit dan pupuk kandang, PH tanah sudah naik minimal menjadi 6. Proses tanam sebagai berikut:

  1. Buat lubang tanam dengan jarak tanam 40 cm x 60 cm atau bisa ditentukan sendiri. Jika mau dipanen dalam waktu dua atau tiga musim bisa dibuat jarak tanam yang lebih jarang
  2. Letakkan bibit pada lubang tanam. Untuk bibit umbi mata tunas harus menghadap ke atas, sedangkan untuk bibit katak bisa diletakkan begitu saja.
  3. Lalu tutup lubang tanam dengan tanah, hingga bibit tidak nampak di permukaan
  4. Kemudian beri pupuk kandang atau pupuk kompos lagi di atasnya

Pemberian pupuk kandang atau pupuk kompos dapat mengembalikan kesuburan tanah dan membuat tanah menjadi gembur. Tanah gembur dan subur merupakan salah satu syarat tumbuh porang, agar umbi porang nantinya berbentuk bulat. Sedangkan jika porang tumbuh di tanah yang keras, bentuk umbi akan gepeng dan pertumbuhannya tidak sempurna.

Baca juga :   Catat! Ini Waktu Yang Tepat Tanam Porang Agar Hasil Panen Tidak Merugi

Perawatan Porang di Tanah Gambut

Proses perawatan porang di tanah gambut juga tidak terlalu rumit. Bisa disamakan dengan penanaman pada lahan lainnya. Perawatan yang paling penting adalah penyiangan dari gulma dan tumbuhan lain yang akan menjadi saingan porang dalam menyerap unsur hara.

Pemupukan susulan bisa menggunakan pupuk kandang atau pupuk kompos lagi, atau bisa juga dengan menggunakan pupuk organik. Pemberian pupuk dapat membantu pertumbuhan dan pembesaran umbi porang menjadi lebih optimal. Namun, kalau tidak diberi pupuk susulan pun porang tetap bisa tumbuh dengan baik.

Lakukan pemeriksaan secara berkala pada tanaman, supaya jika terkena hama bisa segera diatasi. Hama yang sering menyerang diantaranya ulat daun dan jamur. Lakukan penyemprotan jika pohon porang terkena hama.

Hasil Panen Porang di Tanah gambut

Beberapa petani di Kalimantan dan Riau telah membuktikan bahwa tanah gambut pun bisa ditanami porang. Berdasarkan pengalaman mereka, hasil panen porang mereka sangat memuaskan. Sedikit saja perlakuan pada lahan dengan cara menaikkan PH tanah dengan cara yang cukup mudah, bisa membuat petani di tanah gambut mengecap manisnya hasil budidaya porang. 

Seorang petani porang di lahan gambut membagikan pengalamannya melalui Antara News. Petani tersebut berhasil meraup uang sebesar 560 juta dari hasil penanaman porangnya di tanah gambut. Menggiurkan sekali bukan? Bagi yang memiliki tanah di lahan gambut dan belum digarap, bisa mulai dipertimbangkan untuk menanam porang. 

error: Sok atuh nulis sendiri, jangan asal copy aja hahaha !!