bibit porang

Cara Mengetahui Bibit Porang yang Kualitas Bagus

Bagaimana cara kita mengetahui bibit yang berkualitas bagus?

Jangan membuang bibit porang yang mengapung ketika direndam ke dalam air. Bibit porang yang ketika dimasukkan ke dalam air dia mengapung, belum tentu bibit tersebut memiliki kualitas yang jelek. Karena bibit yang mengapung belum tentu jelek dan bisa jadi bibit yang mengapung ketika dimasukkan ke dalam air, dia masih bisa tumbuh.

Saya akan mencoba membuat analogi. Jadi analoginya seperti ini, kita misalkan bibit porang adalah botol. Jadi sebelumnya, bibit umbi ataupun biji bunga pasti menyimpan air. Ada air yang tersimpan didalam bibit tersebut, seperti katak ini dia menyimpan kadar air di dalamnya. Ini misalkan kita analogikan, ketika dia menyimpan air.

Ketika bibit katak ini masih mengandung banyak kandungan air didalamnya. Ketika kita masukkan ke dalam air seperti ini, yang terjadi dia akan tenggelam. Seperti botol ini, ketika dia menyimpan cadangan air yang masih banyak, dia pasti akan tenggelam jika kita masukkan ke dalam air.

Karena kita melakukan penyimpanan atau melakukan karantina utuh untuk bibit katak ataupun bibit spora dalam waktu yang lama, otomatis kadar airnya akan berkurang. Seperti botol ini tadi analoginya, ketika botol ini tidak ada kadar airnya atau air yang tersimpan didalamnya sudah terbuang melalui penguapan, maka dia secara berat juga akan semakin ringan.

Kemudian ketika kita masukkan ke dalam air seperti ini, dia akan mengapung. Jadi analogi pada botol ini kita ibaratkan bibit katak. Kalau kadar airnya berkurang banyak, dia akan mengapung ketika dimasukkan ke dalam air.

 jadi sama seperti ini ini dia akan mengapung ketika dimasukkan ke dalam air Hai nah Ayo kita akan Coba buktikan Hai ini adalah bibit kata es ini beda tak orang seperti ini nah bibit kata kurang ini dia sudah tumbuh seperti ini dan prosentase tumbuhnya Dia sangat tinggi Karena dia sudah terbukti Sudah tumbuh Tunas seperti ini

Baca juga :   Mengenal Umbi Porang Pohon yang Banyak Manfaatnya

Ketika bibit katak kita masukkan ke dalam air, ada beberapa yang akan tenggelam karena memang masih menyimpan kadar air yang lebih banyak. Tetapi kalau kadar airnya dia berkurang cukup banyak, dia akan mengapung ke permukaan air.

Jadi analoginya seperti botol tadi ketika katak menyimpan kandungan air yang banyak dia akan tenggelam, tetapi ketika kandungan air itu dia berkurang atau akan mengalami penguapan.

Saat kadar air sudah sangat berkurang cukup banyak, kita rendam pun seperti ini dia akan mengapung. Jadi artinya bibit yang sudah di bulan 10 atau lebih, ketika kita rendam dan dia mengapung itu jangan dibuang karena dia bisa jadi tipe tersebut sebetulnya masih bagus.

Jadi, cara kita mengetahui bibit tersebut kualitasnya bagus atau tidak, dia bisa tumbuh atau tidak bukan dengan cara merendam ke dalam air, tetapi yang kita lakukan yaitu mengambil dulu bibit yang mengapung, kalau sudah terlihat tunasnya, maka bibit ini berkualitas bagus.

Sedangkan cara mengetahui apakah bibit tersebut bisa tumbuh atau tidak yaitu dengan membelah bibit menggunakan pisau. Nah dengan cara seperti ini kita bisa mengetahui bagian dalamnya. Untuk bibit katak yang bagus, akan terlihat ada getahnya, kita bisa gosok-gosokkan dan dia akan mengeluarkan getah.

Jadi kesimpulannya, untuk mengetahui bibit yang bagus yaitu dengan memasukkannya ke dalam air dan membelahnya dengan pisau.

Oke jadi seperti ini dulu informasi kali ini. Semoga penanaman porang di tahun 2021 ini memberikan hasil yang bagus, memberikan hasil yang melimpah dan bermanfaat untuk petani. Semoga video ini bermanfaat. Terima kasih

wassalamualaikum warahmatullah wabarakatuh. Salam sukses salam petani porang kreatif.

error: Sok atuh nulis sendiri, jangan asal copy aja hahaha !!