pupuk cair untuk porang

Cara Memilih dan Menggunakan Pupuk Cair Untuk Porang

Begini cara memilih dan menggunakan pupuk cair untuk porang yang bisa dilakukan agar jumlah produksi bibit katak porang banyak dan juga menghasilkan bibit katak porang yang lebih besar dalam satu pohon porang.

Cara yang akan dibagikan berdasarkan pengalaman saya tentunya. Jadi kawan semua bisa jadikan referensi dalam memilih atau menggunakan pupuk cair untuk porang tanaman. Oke, lalu bagaimana caranya langsung saja kita simak.

Salah satu keuntungan terbesar dalam penggunaan pupuk cair untuk porang yakni tanaman porang kita bisa menghasilkan lebih banyak bibit katak porang atau bulbil.

Namun sebelumnya kita harus ketahui dulu fase generative tanaman. Maksud fase generatif itu adalah fase pembentukan katak atau bulbil dan juga fase pembentukan umbi porang.

Fase generatif ini biasanya ditandai ketika katak atau bulbil ini sudah mulai tumbuh dan keliatan. Pada saat itu adalah waktunya kita melakukan pemupukan menggunakan pupuk cair untuk porang dan pupuk cair terbaik untuk porang yakni POC atau pupuk organik cair.

Cara menggunakan pupuk cair untuk porang bisa kita lakukan dengan cara penyemprotan. Nah disini saya memilih pupuk cair untuk porang yang saya buat sendiri dari urin kelinci dan sudah di fermentasi.

Ini yang biasa saya semprotkan ke tanaman porang sehingga nanti di fase generatif ini dia akan memicu pertumbuhan bibit katak porang dan juga umbi menjadi lebih produktif lagi.

Cara menggunakan pupuk cair untuk porang

  • Pertama, pupuk organik cair dari urin kelinci kita tuangkan ke wadah.
  • Untuk takarannya kita menggunakan gelas air mineral. Takarannya dalam satu tangki spray dengan volume 16 liter, kita menggunakan satu setengah atau dua gelas air mineral.
  • Kemudian kita tambahkan lagi jadi dosisnya adalah satu setengah sampai dua gelas air mineral ya ini tergantung dari seberapa lama POC ini dibuat. Seperti itu caranya.
Baca juga :   Cara Pemupukan Porang Untuk Hasil yang Maksimal

Jika kawan semua mungkin tidak ada waktu atau tidak mau ribet untuk membuat pupuk cair  atau melakukan fermentasi sendiri, maka bisa memilih pupuk organik cair atau POC dari pasaran yang banyak beredar di took-toko pertanian.

Intinya semua POC atau pupuk cair untuk porang itu sama dan memang sengaja dibuat untuk menyuburkan tanaman. Yang perlu kita ketahui di fase generatif itu adalah usahakan memilih pupuk cair untuk porang yang memiliki kandungan kalium tinggi. Sehingga bisa membuat produksi bibit katak porang dan umbi porang ini lebih produktif.

bibit katak porang
Image source : Sahabat Porang Kreatif Youtube / Andri Jatmiko

Ini adalah porang satu musim yang ditanam dari katak dan ini kita lakukan penyemprotan POC kurang lebih dua kali. Rata rata untuk lahan disini dilakukan penyemperotan dua kali. Ini katak nya di tunas pertama sudah sebesar ini, juga di tunas pertama kayaknya sudah menghasilkan sebesar ini bahkan daripada bibit yang kita tanam ini lebih besar katak yang dihasilkan dari tunas pertamanya saja.

Cara menggunakan pupuk cair untuk porang dengan penyemprotan ini bisa kita lakukan sejak musim pertama. Tetapi yang perlu kita ketahui, penyemprotan POC sebaiknya di fase generatif porang.

Diawali dari katak yang mulai tumbuh atau mulai muncul, ini menandakan waktunya penyemprotan POC. Jarak penyemprotan POC atau interval nya itu kurang lebih 1 minggu sekali.

Yang perlu kita ketahui untuk cara penyemprotan POC atau Pupuk Organik Cair adalah :

  1. Waktu Penyemprotan POC

Jadi untuk waktu penyemprotan POC terbaik adalah pagi hari yaitu di jam 6 pagi sampai jam 9 pagi dan juga di sore hari itu jam terbaik yang kedua jam 4 sore sampai jam 6 sore.

Bisa dikatakan sebagai waktu penyemprotan yang bagus karena apa? Karena pada jam tersebut, stomata atau mulut sel dari daun ini dia membuka.

Baca juga :   Pupuk Cair Organik Untuk Porang

2. Cara Penyemprotan POC

Cara penyemprotan POC itu yang benar adalah disemprot dari bawah daun. Kenapa kita menyemprotkan POC ini dari bawah daun? Karena letak stomata daun yang paling banyak berada di bawah daun bukan diatas daun.

Jadi seperti itu tadi cara supaya katak porang atau bulbil ini produksinya lebih banyak dan juga lebih besar kita menggunakan pupuk POC atau pupuk organik cair.

Bisa disimpulkan, yang perlu diperhatikan agar tanaman porang bisa menghasilkan bibit katak porang yang banyak adalah dengan cara memilih pupuk cair untuk porang yang organik dan memiliki kandungan kalium, waktu penyemprotan POC terbaik yaitu di pagi atau sore hari. Kemudian cara menggunakan pupuk cair terbaik dengan cara penyemprotan, kita semprotkan dari bagian bawah daun.

Poin penting yang perlu kita perhatikan juga ketika kita melakukan penyemprotan pupuk cair untuk porang dan juga masa penyemprotan adalah ketika biji katak ini sudah mulai muncul atau memasuki masa generatif porang.

Seperti itulah penjelasannya. Semoga bermanfaat. Terima Kasih. Salam sukses salam petani porang kreatif.

error: Sok atuh nulis sendiri, jangan asal copy aja hahaha !!