manfaat-porang

11+ Manfaat Porang Tanaman untuk Kesehatan dan Industri

Daftar Isi Artikel

Banyak masyarakat yang belum tahu manfaat porang tanaman untuk kesehatan. Bahkan manfaat porang untuk industri juga banyak sekali.

Nah kali ini kita akan membahas apa saja manfaat tanaman porang? Saat ini masyarakat sudah mulai menanam dan budidaya tanaman porang tapi belum tahu apa saja manfaat porang tanaman.

Tanaman porang umumnya tumbuh di daerah tropis maupun sub tropis di Indonesia. Porang memiliki nama ilmiah amorphophallus muelleri ini juga memiliki kandungan bernama konjak glukomanan atau disebut dengan KGM yang teksturnya sekilas terlihat seperti tepung.

Nah konjak glukomanan inilah yang menjadi sumber manfaat porang dikarenakan konjak glukomanan mengandung sejumlah zat yang penting seperti karbohidrat, serat dan zat lainnya yang bersifat antioksidan hingga anti-inflamasi.

Manfaat porang untuk Industri

Geliat pertumbuhan industri manufaktur membuat permintaan bahan baku penolong jadi banyak permintaan dan kegunaan tanaman porang salah satunya menjadi sumber bahan baku penolong. Berikut ini manfaat tanaman porang untuk industri.

1. Bahan baku lem

Manfaat tanaman porang yang pertama adalah sebagai bahan baku pembuatan lem yang ramah lingkungan sehingga bisa dijadikan bahan baku penolong saat ini untuk industri lem.

2. Bahan baku kertas

Manfaat porang untuk industri digunakan sebagai bahan campuran pada saat pembuatan kertas agar kertas yang dihasilkan kuat dan lemas/lentur tidak gampang robek.

3. Media tumbuh mikroba

4. Isolator Listrik

Glukomanan pada tanaman porang yang berbentuk gel dapat dimanfaatkan sebagai pengganti gel silikon yang sangat baik sebagai isolator listrik.

5. Bahan baku komponen pesawat dan parasut

Bahan campuran pembuatan komponen pesawat terbang dan parasut karena kekuatan daya rekat pada tanaman porang.

6. Bahan baku makanan

Banyak sekali dimanfaatkan saat ini yakni sebagai bahan makanan yang banyak disukai oleh orang-orang di Jepang, Hongkong, China dan sebagainya.

Jepang memanfaatkan tepung porang untuk membuat mie shirataki atau konyaku dan ditempat lain diolah sebagai beras untuk kebutuhan makanan pokok

7. Bahan penjernih air

Glukomanan juga dipergunakan untuk menjernihkan air dan memurnikan bagian-bagian koloid yang terapung dalam industri bir, gula, minyak, dan serat.

8. Bahan pengikat/emulsi

Bahan pengikat formulasi tablet sebagai pengental sirup dan perekat pada es krim sehingga tidak mudah atau tidak cepat meleleh.

9. Pengganti Milun

Bahan campuran pembuatan pengkilat kain perekat kertas cat kain katun dan wol dan bahan imitasi  yang memiliki sifat lebih baik dari milun sehingga harganya lebih murah.

Manfaat Porang juga dipakai industri sebagai pengganti kanji sehingga kain katun rynel wol dan kain kain dari bahan imitasi lebih mengkilap.

10. Bahan seluloid

Sebagai pengganti galatin yakni bahan pembuat negatif film isolator dan seluloid karena sifatnya yang mirip selulosa sehingga dapat sebagai pengganti selulosa dalam film,

Baca juga :   Ketahui Prospek Tanaman Porang, Manfaat, dan Syaratnya

11. Bahan kedap air

Larutan glukomanan jika dicampur dengan gliserin atau natrium hidroksida bisa dibuat bahan kedap air,

Manfaat porang untuk Kesehatan Manusia

Dalam ilmu kesehatan manfaat porang sangat besar bagi tubuh. Berikut ini adalah khasiat porang bagi kesehatan tubuh yang perlu Anda ketahui.

1. Mengatasi sembelit

Dari sekian banyak cara mengatasi kondisi susah buang air besar, secara alami dengan mengonsumsi porang bisa untuk mengatasi sembelit.

Hal ini didasari oleh hasil penelitian yang dirilis oleh Journal American College of Nutrition pada tahun 2008 dikatakan bahwa kandungan serat di dalam porang efektif dalam membantu melunakkan feses dan melancarkan pergerakan usus sehingga feses lebih mudah untuk dikeluarkan dari dalam tubuh.

2. Membantu menjaga berat badan

Bagi Anda yang sedang berjuang untuk menurunkan berat badan memasukkan porang ke dalam menu diet sehari-hari kiranya patut dicoba, pasalnya kandungan serat pada porang tersebut dapat membantu menjaga berat badan tetap terkontrol karena mampu menghasilkan efek kenyang yang lebih lama dengan begitu frekuensi makan dapat ditekan.

Sebuah studi yang dirilis pada tahun 2005 silam mengatakan bahwa mengkonsumsi suplemen glukomanan yang terbuat dari tanaman porang efektif untuk membakar sekitar 1200 kalori.

3. Merawat kesehatan kulit

Kandungan glukomanan yang dimiliki oleh Porang juga menghasilkan manfaat untuk merawat kesehatan kulit. Sebagaimana dijelaskan dalam sebuah penelitian yang dirilis oleh American journal of dermatology and veneorology pada tahun 2003 menurut Hasil studi tersebut Porang memiliki potensi untuk menghilangkan jerawat dan bisa merawat kulit secara keseluruhan. Akan tetapi klaim ini masih memerlukan studi lanjutan agar lebih kuat.

4. Membantu menyembuhkan luka

Pada penelitian lainnya Porang dengan kandungan glukomanan terbukti efektif untuk mempercepat proses penyembuhan luka. Hal ini dikarenakan glukomanan membantu mengoptimalkan kinerja sistem kekebalan tubuh.

Sayangnya klaim khasiat porang yang satu ini belum bisa dikatakan kuat oleh karena objek penelitian yang digunakan masih berupa hewan, perlu adanya studi lanjutan dengan objek manusia untuk memperkuat bukti tersebut.

5. Mengatasi peradangan

Porang yang menghasilkan konjak glukomanan juga ternyata membawa dampak positif bagi tubuh manusia dengan membantu mengatasi peradangan atau inflamasi. Studi yang diterbitkan oleh International Journal of Biological Makro Molekules pada tahun 2016 menyinggung perihal peran tanaman porang sebagai agen anti-inflamasi.

6. Mencegah dan mengatasi diabetes

Anda menderita diabetes atau ingin terhindar dari penyakit diabetes? Mengkonsumsi produk olahan tanaman porang adalah salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mencegah maupun mengatasi jenis penyakit yang satu ini.

Jangan salah manfaat porang untuk mencegah dan mengatasi diabetes sudah dibuktikan oleh sebuah penelitian yang dirilis oleh Journal of The Carbohydrates pada tahun 2015.

Berdasarkan hasil penelitian didapat fakta bahwa mengkonsumsi porang dapat mengendalikan kadar gula darah di dalam tubuh utamanya pada penderita diabetes tipe kedua yakni diabetes militus dengan catatan konsumsi Porang harus disertai dengan American ginseng.

Baca juga :   9 Kegunaan Porang di Luar Negeri

Selain itu kandungan serat pada porang yang dapat menimbulkan efek kenyang lebih lama sedikit banyak membantu Anda mengontrol frekuensi makan sehingga kadar gula tetap stabil.

7. Menurunkan tekanan darah

Khasiat tanaman porang juga bisa menurunkan tekanan darah pada penderita tekanan darah tinggi atau hipertensi. Hal ini dikarenakan salah satu manfaat tanaman porang adalah untuk menurunkan tekanan darah tinggi Kendati belum dapat dipastikan secara efektif.

Menghindari kadar kolesterol jahat. Jenis kolesterol jahat ini susah dihindari karena berasal dari makanan yang dikonsumsi sehari-hari terutama jika anda gemar mengkonsumsi makanan berlemak. Akan tetapi anda perlu mengendalikan kadar kolesterol jahat ini agar jangan sampai melebihi batas kewajaran.

Dari sekian banyak cara mengendalikan kadar kolesterol, manfaat porang adalah salah satunya dalam sebuah studi yang dirilis pada tahun 2008 menyebutkan bahwa kandungan glukomanan pada porang efektif untuk menjaga kadar kolesterol tetap ideal.

8. Meminimalisir risiko penyakit jantung dan stroke

Penyakit jantung dan penyakit kardiovaskular lainnya yakni stroke kemungkinan juga bisa dicegah dengan cara mengkonsumsi porang secara rutin, manfaat porang untuk meminimalisir risiko penyakit jantung dan stroke ini tidak lepas dari kandungan serat yang ada di dalamnya.

Para peneliti pun juga sudah mengamini fungsi serat untuk merawat organ jantung dan mencegahnya dari penyakit. Kendati demikian benar atau tidaknya serat yang terkandung dalam tanaman porang efektif untuk meminimalisir risiko penyakit jantung stroke masih membutuhkan penelitian lebih lanjut.

9. Mencegah penyakit kanker

Jenis penyakit mematikan lainnya yang bisa dicegah dengan mengkonsumsi porang atau produk olahan porang khususnya untuk kanker usus. Khasiat tanaman porang yang satu ini lagi lagi dikarenakan adanya kandungan serat yang menurut sejumlah penelitian serat memang berperan penting dalam merawat kesehatan sistem pencernaan dan mencegahnya dari berbagai macam penyakit termasuk kanker.

10. Detoksifikasi

Bagi masyarakat Tiongkok, Tepung porang sudah sejak lama sekitar 2.000 tahun dipercaya sebagai obat tradisional untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan. Salah satu tujuan penggunaan porang adalah untuk detoksifikasi akan tetapi lagi-lagi belum ada bukti ilmiah yang secara khusus meneliti tentang hal ini sehingga klaim manfaat porang untuk detoksifikasi belum bisa dikatakan kuat.

Harus juga diperhatikan yakni masalah efek samping Porang. Sayangnya mengonsumsi porang secara berlebihan juga bisa menimbulkan gejala efek samping bagi sebagian orang. Beberapa contoh efek samping bagi orang yang mungkin bisa terjadi adalah perut terasa kembung, diare, sakit perut, dan mual.

Apabila anda habis mengkonsumsi porang dan mengalami gejala-gejala tersebut diatas maka segera kunjungi dokter guna melakukan pemeriksaan lebih lanjut. Sekian informasi tentang manfaat porang tanaman dan bahayanya porang untuk tubuh. Sumber artikel disini.

error: Sok atuh nulis sendiri, jangan asal copy aja hahaha !!