jarak tanam porang dari katak

Jarak Tanam dan Ukuran Lubang Mulsa Tanaman Porang dari Katak dan Umbi

Berapa jarak lubang mulsa untuk tanaman porang dari bibit katak atau dari bibit umbi? Ukuran Mulsa ini ada beberapa macam dan untuk jarak tanaman porang itu menggunakan mulsa yang berbeda beda disesuaikan dengan jenis bibit yang kita ingin tanam.

Kalau kami punya cara untuk mulsa itu kita bagi dua, pertama untuk mulsa bibit katak kita biasa pakai ukuran lebar mulsa itu 100 cm atau 120 cm, untuk mulsa umbi kita pakai yang 160 cm.

Pada dasarnya jarak lubang mulsa akan mengikuti jarak tanam porang dari katak atau umbi, tergantung juga dengan lebar bedengan atau gulutan yang kita buat. Cuma memang untuk petani pemula biasanya masih bingung menentukan ukuran mulsa yang akan dipakai dan jarak tanam porang yang akan dipakai.

Mungkin saya perlu jelaskan diawal dulu untuk ukuran gulutan atau bedengan itu kita bikin rata-rata yang kita gunakan itu misalkan dilahan kita kasih lebar 70 cm nah, terus jarak antara bedengan sekitar 70 dan untuk jarak tanam bibit porang kemungkinan 40-50 cm.

Untuk ketinggian kemiringan gulutan ini bermacam macam variasi ya kalau kita untuk lahan lahan biasa itu kita bikin antara sekitar 25-30 cm, tapi khusus untuk lahan-lahan yang airnya banyak kira-kira itu bekas sawah dan mungkin pada waktu curah hujan tinggi banyak genangan air maka gulutan tolong ditinggikan ya sampai dengan 50 cm ya.

ini supaya nanti untuk air apalagi yang tergenang itu tidak mengganggu umbi porang yang ada di dalam gulutan, ini yang jelas untuk ukuran gulutan tanaman porang.

Terus untuk yang namanya mulsa itu kita bikin menggunakan ukuran lebar mulsa 120 cm yaa nanti kita tinggal bagi untuk yang diatas 70 cm untuk turunnya yang disamping itu rata-rata 25 cm sehingga 120 itu pas dengan gulutan nya, kalau kita gambar seperti ini nahh sisanya ini 25 cm yang bagian atasnya 70 cm.

Terus untuk lubangnya gimna? Lubang ini kita bikin dari as tengah, jarak dari sisi satu ke sisi satunya 20 20 sekitar 40 cm jarak lubang ke kanan-kiri itu 40 cm, terus jarak lubang memanjang itu biasanya kita bikin sekitar 30 cm nahh dengan perhitungan kayak gini dalam 1 hektar akan muat sekitar 46 ribu batang biasane untuk 2 lubang.

Baca juga :   Cara Menanam Porang di Lahan Terbuka Agar Cepat Panen

Tapi kalau mungkin anda posisi lahannya di dataran rendah tanpa naungan maka tanaman bisa dirapatkan, supaya nanti daunnya saling menutup untuk mengurangi intensitas cahaya.

Bahkan biasanya saya tambah 1 lagi lubang tanam dibagian tengah kalau di lahan dataran rendah ini untuk versi efisiensi. Lahan khusus untuk mdpl rendah dan tanpa naungan bisa ditambahkan lubang tanam dibagian tengahnya, jadi untuk 1 hektar rata-rata biasanya muat sampai 70 ribu.

Untuk masalah jarak lubang mulsa ini pakai diameter berapa? Kalau seandainya tanaman porang dari katak, baik katak yang kecil atau katak besar ya untuk lubang nanti sesuaikan saja.

Rata-rata kalau dari katak itu diameter lubang mulsa antara 10 cm sampai dengan 12 cm diameternya. Cara melubangi mulsa ada yang pake kaleng bekas susu, ada juga toko yang jual mulsa itu sudah ada alat khusus yang dirakit untuk menerima jasa melubangi mulsa sesuai jarak yang diinginkan.

Terus lanjut untuk jarak tanam porang dari umbi ini tinggal kita sebenarnya ganti ukuran ya karena umbi itu besar biasannya saya menggunakan gulutan atas itu 1 meter nahh jarak ke gulutan lainnya pun sama,

Untuk pemasangan mulsa itupun juga nanti hampir sama, cuman untuk jarak yaa jarak antara lubang 1 dengan lubang 1nya biasanya saya pakai jarak 50 cm, untuk jarak yang kedua kalau umbinya besar umbi yang sekitar setengah kilo sampai 1 kilo kita kasih jarak juga 50 cm, tapi kalau umbi umbi kecil biasane jarak nanti bikin 40 cm nah

Kalau dibikin jarak yang 50×50 untuk 1 hektar itu bisa muat sekitar 23 ribu batang nahh kalau di bawah mdpl rendah tanpa naungan bisa saja ditambahkan ditengah 1 , kalau ditambahkan 1 berarti muat 1 hektar nya itu sekitar 35 ribu batang, ini untuk mulsa yang pakai umbi,

Baca juga :   Begini Fase Pertumbuhan Porang Agar Panen Melimpah

Terus untuk lebar lubang mulsa untuk tanaman porang dari umbi ya kalau umbi kecil biasanya pakai ukuran diameternya 12 cm, untuk ukuran besar biasanya memakai 15 cm, karena apa ya diameter dari umbi yang 1 kilo itu rata rata 15 cm jangan sampai lubang mulsanya gak muat gitu, itu permasalahan-permasalahan untuk mulsa.

Ini pada dasarnya ya kita ngasih lubang mulsa yang demikian, terus untuk kapasitas ya dengan kapasitas tanaman yang untuk 1 hektar, untuk luas lahan nah ini masih juga banyak yang bertanya, untuk lahan saya itu kira kira muat berapa ya gitu, banyak yang bertanya untuk satuan-satuannya mungkin saya kurang paham diantara satuan yang bertanya satu rante ada yang 1 kubik ada yang 1 petak ada yang 1 patok ya macem macem untuk satuannya, standar nasionalnya kan kita tahunya pakai meter ya,

untuk menetukan berapa jumlah kapasitas kalau seandainya ya seandainya tadi kita tarik dari tanaman katak dengan jarak 30-40 ini dalam 1 hektar bisa muat 46 ribu, 1 hektar itu sekitar 10 ribu nah untuk luas ini biasanya kita tinggal mengalikan 4 yah dikali 4 kalau dibikin kayak gini saja tengahnya ndak yah berarti muat 40 ribu ya ini gambaran,

tapi kalau ditambah 1 lagi ditengah biasanya luas dikali dengan 6,10 ribu x 6 ya jadi sekitar 60 ribu batang nah ini kalau anda mempunyai luas tanah seribu ya berarti munculnya nanti itu sekitar 4000 batang, kalau anda punya luas tanah seribu ditanami yang sistem ditambahkan ditengahnya yaa ada 6000 batang.

Intinya ke situ untuk jumlah tanam, dengan adanya jumlah tanam ini secara otomatis kita bisa menghitung untuk estimasi hasil budidaya tanaman porang.

Tolong diperhatikan nanti untuk pelubangan trus untuk jarak tanam porang supaya kita maksimal, perhatikan untuk tinggi rendahnya suatu tempat, perhatikan juga masalah kesuburan tanah supaya tanaman kita lebih maksimal. Terima kasih, bila ada salah tulis saya mohon maaf sebesar besarnya.

error: Sok atuh nulis sendiri, jangan asal copy aja hahaha !!