bisnis tanaman porang

Mengenal Bisnis Tanaman Porang yang Menjanjikan

Saat ini banyak sekali yang memanfaatkan tanaman porang untuk dijadikan ladang bisnis yang menjanjikan. tanaman porang memang memiliki sejuta manfaat sehingga banyak yang membutuhkannya. Tak heran jika banyak yang memulai bisnis tanaman porang, berikut akan dijelaskan mengenai bisnis menjanjikan tersebut.

Apa Itu Tanaman Porang?

Sebelum memasuki lebih jauh mengenai bisnis porang, sebaiknya ketahui terlebih dahulu apa itu tanaman porang. Pada dasarnya, tanaman ini termasuk dalam jenis umbi-umbian yang mana memiliki buah dengan warna kehitaman saat sudah siap panen.

Tanaman tersebut juga hanya bisa panen satu kali saja dalam setahun. Biasanya akan panen pada saat awal musim kemarau. Karena, daun akan kering pada saat musim tersebut. Sehingga, buah porang siap untuk dipanen. Setelah dipanen dapat diolah lagi dan siap untuk menghasilkan cuan.

Untuk menghasilkan porang yang berkualitas, sebaiknya saat penanaman dilakukan sebuah perawatan yang rutin. Selain itu, saat melakukan pemotongan umbi lakukan dengan benar. Karena, proses tersebut akan menentukan kualitas dari porang tersebut.

Porang dapat juga dijadikan berbagai olahan yang bermanfaat. Seperti menjadi tepung, beras, produk kecantikan, lem, bahkan penjernih air. Semua produk tersebut dapat dijadikan sebuah peluang bisnis yang sangat menguntungkan. Apalagi sekarang banyak yang mengincar sebuah produk dari bahan alami.

Produk Bisnis Porang

Seperti sudah disebutkan di atas bahwa tanaman porang bisa dijadikan berbagai olahan. dari olahan tersebut dapat dijadikan bisnis yang akan menghasilkan keuntungan yang banyak. Berikut akan dijelaskan beberapa produk yang bisa dijadikan referensi bisnis menjanjikan:

  • Beras Porang. Saat ini banyak sekali yang membutuhkan beras yang mengandung sedikit gula. Nah, porang ini memiliki zat serat alami serta kadar gula yang sangat rendah. Tentunya jika dijual di pasaran pasti akan laku dengan cepat.
  • Tepung Porang. Selain beras, banyak juga yang mencari tepung untuk dijadikan bahan makanan diet. Porang bisa juga dijadikan sebuah tepung yang baik untuk tubuh. Tepung tadi nantinya bisa diolah lagi menjadi beberapa makanan yang lezat serta menyehatkan.
  • Lem Porang. Ternyata selain produk makanan, porang bisa juga diolah menjadi sebuah lem. Yap, porang juga memiliki daya rekat yang tinggi. Bahkan, lem dari porang ini banyak dibutuhkan di luar negeri. Jadi, bisa dijadikan sebuah peluang besar dalam melakukan bisnis porang.
  • Produk Kecantikan. Kandungan tanaman porang ternyata bagus juga untuk merawat kulit. Tak heran banyak yang membuat produk kecantikan dari tanaman porang tersebut. Bahkan, bisa dikatakan sangat laku di pasaran.
  • Mie Porang. Tingkat konsumsi mie di negara ini bisa dikatakan sangat tinggi, apalagi kandungan mie mengandung banyak karbo. Nah, porang bisa dijadikan alternatif pembuatan mie yang memiliki kandungan menyehatkan.
Baca juga :   Ini Penyebab 70% Petani Porang Pemula Gagal

Harga Serta Keuntungan Tanaman Porang

Porang bisa juga dijual dalam bentuk tanaman, jadi tidak hanya dalam bentuk olahan saja. tentunya hal tersebut lebih mudah, karena tidak perlu melakukan pengelolaan lagi. Menurut sumber yang beredar, saat ini tanaman porang memiliki harga 4000 per kilo.

Apabila dalam satu tahun dapat menghasilkan beberapa ton porang, maka bisa dihitung sendiri berapa keuntungan yang akan diperoleh. Apalagi jika sudah dalam bentuk olahan, tentunya harganya akan lebih mahal. Petani pun akan meraup keuntungan yang banyak.

Itulah sekilas tentang bisnis tanaman porang yang bisa dijadikan peluang bisnis yang menjanjikan. Bisa dijual dalam bentuk tanaman maupun produk olahan yang bermanfaat. Tetapi, harus diimbangi dengan kualitas produk yang bagus pula.

error: Sok atuh nulis sendiri, jangan asal copy aja hahaha !!