beras porang

Beras Porang, Makanan Sehat untuk Masa Depan Kamu

Daftar Isi Artikel

Pernah mendengar tentang beras shirataki atau nasi shirataki? Beberapa waktu lalu nasi shirataki atau bisa juga disebut beras porang sempat menjadi trend, karena manfaatnya sebagai makanan atau sumber karbohidrat yang sehat dan cocok untuk diet. Nasi shirataki disebutkan rendah kalori dan tidak mengandung kadar gula. 

Sudah tahukah beras shirataki itu terbuat dari apa? Beras shirataki terbuat dari tepung umbi konjac, atau sejenis tumbuhan iles-ilesan. Tumbuhan jenis iles-ilesan banyak tumbuh di Indonesia. Salah satu jenis yang saat ini mulai banyak dibudidayakan di Indonesia disebut porang, yang menjadi terkenal beberapa waktu ini. Meski sesungguhnya porang sudah dimanfaatkan di Indonesia sejak zaman penjajahan Jepang.

Saat menjajah Indonesia, Jepang telah mengetahui bahwa umbi porang ini memiliki kandungan yang sangat bermanfaat sebagai bahan pangan. Sebab, porang mirip dengan jenis iles-ilesan yang sudah dibudidayakan di Jepang, yaitu Amorphophallus Konjac atau Konjac. Porang dijadikan sebagai logistik perang oleh Jepang saat menduduki Indonesia.

Tentu saja beras shirataki juga berasal dari Jepang. Menurut sejarahnya, nasi shirataki sudah menjadi makanan diet di Asia selama 2000 tahun. Wanita-wanita Jepang mengonsumsinya secara teratur agar memiliki tubuh yang tetap langsing.

Mencuatnya popularitas porang beberapa waktu ini dikarenakan permintaan ekspor yang tinggi. Akhirnya mulai diketahui banyak orang bahwa dalam umbi porang terkandung banyak manfaat.

Kendati juga ada kandungan asam oksalatnya yang tidak baik jika terkonsumsi. Namun, setelah asam oksalat dipisahkan, porang menjadi bahan yang banyak dibutuhkan untuk bahan pangan maupun industri. 

Olahan porang saat ini sudah banyak diproduksi dan bisa kita temukan di supermarket-supermarket maupun di marketplace atau toko online. Olahan Porang diantaranya menjadi beras, mie, dan konyaku (tahu jepang). Porang juga berfungsi untuk industri makanan dan industri kosmetik. Bahkan digunakan untuk industri pesawat terbang.

Baca juga :   Cara Mengolah Porang Menjadi Bahan Makanan

Beras porang inilah yang juga disebut beras shirataki yang kaya manfaat. Tetapi sebenarnya bagaimanakah cara pembuatan beras porang atau beras shirataki tersebut?

Proses Pembuatan Beras Porang

Porang diketahui tidak bisa langsung diolah menjadi bahan makanan, melainkan harus ada pemisahan antara glukomanan dengan asam oksalat terlebih dahulu. Berikut adalah tahapan proses pembuatan beras porang:

  1. Umbi porang dibersihkan dari tanah dan kotoran yang menempel
  2. Kemudian dikupas, dan dicuci menggunakan air bersih
  3. Lalu dimasukkan ke dalam mesin pengiris atau mesin perajang hingga menjadi irisan tipis (Chips) yang berbentuk seperti keripik
  4. Irisan umbi porang kemudian dikeringkan di oven dengan suhu 80-110 derajat celcius dengan kandungan air yang tersisa 14-15% 
  5. Chips porang kemudian dimasukan ke dalam mesin penggilingan untuk digiling menjadi tepung porang
  6. Setelah itu tepung porang diayak menggunakan mesin pengayak untuk memisahkan dengan bintik hitam hasil gilingan
  7. Kemudian dilakukan proses pemisahan glukomanan dengan asam oksalat
  8. Baru kemudian diolah menjadi beras

Baca Juga : 11+ Manfaat Porang Tanaman untuk Kesehatan dan Industri

Manfaat Beras Porang

Beras porang dinyatakan mengandung banyak manfaat. Sehingga beras porang diharapkan menjadi pengganti nasi. Bahkan Presiden Indonesia, Joko Widodo, mengatakan bahwa beras porang merupakan makanan sehat masa depan. Manfaat beras porang yaitu:

  1. Menurunkan kadar kadar kolesterol
  2. Membantu penyerapan kalsium
  3. Membantu menurunkan berat badan
  4. Menambah asupan serat
  5. Mengontrol gula darah
  6. Membantu sistem pencernaan sehingga bisa mencegah sembelit

Harga Beras Porang

Beras porang saat ini sudah bisa kita dapatkan secara online di marketplace-marketplace. di bawah ini adalah harga beras porang yang tersedia di marketplace:

  1. Fukumi beras porang sachet 40 gr dijual di Lazada dengan harga Rp10.000,00
  2. Fukumi beras porang dalam kemasan 1 kg di Lazada dibanderol Rp242.500,00
  3. Beras shirataki dari porang produksi PT Ambico dengan kemasan 500 gr di Tokopedia bisa didapat dengan harga Rp160.000,00
  4. Konyaku Grain 1 kg di Tokopedia tersedia dengan harga Rp177.000,00
Baca juga :   8 Manfaat Olahan Porang untuk Kesehatan

Harga beras porang memang cenderung lebih mahal daripada beras biasa. Namun kandungan gizinya yang kaya manfaat untuk kesehatan tubuh jauh lebih baik dibanding beras biasa. 

Pabrik Pengolahan Beras Porang Di Indonesia

Saat ini di Indonesia sudah ada pabrik yang mulai membuat beras porang. Akan tetapi belum melakukan produksi besar-besaran. Produksinya saat ini masih sebagai proses pengenalan dan penjajakan pasar. Ada dua pabrik yang diketahui sudah mencoba memproduksi beras porang, yaitu:

1. PT Ambico

PT Ambitious Trading Company atau yang lebih dikenal dengan sebutan PT Ambico adalah pabrik pengolahan porang yang sudah berdiri sejak lama, yakni sejak tahun 1971. Sejak awal berdirinya, perusahaan ini sudah mengekspor porang dan mie shirataki ke Jepang. Dan saat ini sudah mulai memproduksi beras porang juga. Beras porang yang diproduksi oleh PT Ambico diberi merek Konyaku Grain dan Shirataki Rice. 

2. PT Asia Prima Konjac

PT Asia Prima Konjac ini merupakan pabrik pengolahan porang yang sudah mengekspor porang ke berbagai negara, diantaranya China, Jepang dan Korea Selatan. Sedangkan untuk produk beras porangnya baru diproduksi sebagai produk tes market. Beras Porang produk PT Asia Prima Konjac baru akan mulai diproduksi pada Februari 2022. Untuk awalan hanya untuk pemasaran di dalam negeri.

error: Sok atuh nulis sendiri, jangan asal copy aja hahaha !!