umur tanaman porang
umur tanaman porang

Berapa Umur Tanaman Porang Siap Panen? Simak Penjelasannya

Daftar Isi Artikel

Beberapa waktu belakangan sebuah tanaman bernama porang begitu idolakan oleh banyak petani. Karena dianggap memiliki harga jual begitu tinggi sehingga akan membuat pendapatan dengan nilai fantastis saat usia panen. Tapi banyak juga yang bertanya seputar umur tanaman porang sebelum bisa dijual.

Karena dengan mengetahui umur daripada tanaman tersebut berarti petani bisa memperhitungkan jadwal panen dari tanaman tersebut. Mengingat jika kebutuhan sehari-hari pasti akan selalu bertambah. Sementara belum lagi biaya perawatan dan lainnya maka dari itu simak berbagai penjelasan selengkapnya seperti berikut:

Mengenal Tanaman Porang

Sebelum mengetahui umur tanaman porang tentu harus mengenal jenis tumbuhan ini sendiri. Jika diartikan orang termasuk dalam jenis tanaman iles-iles yang biasanya tumbuh di hutan. Banyak juga yang menyatakan tumbuhan porang ini termasuk dalam tumbuhan semak berumbi yang tumbuhnya di dalam tanah.

Tapi jangan pernah menganggap sepele karena ini memiliki potensi untuk nilai jual tentu lebih tinggi. Jadi tidak heran mengapa banyak orang berlomba-lomba untuk bisa menanam porang dengan mengharapkan keuntungan berlipat ganda. Tapi tentu untuk hal tersebut ada berbagai pertimbangannya.

Porang dapat tumbuh di daerah dengan ketinggian mencapai 600 mdpl. Jadi jika ditanam pada tempat yang lebih tinggi dari pada ketentuan, mungkin ada beberapa hambatannya.

Serta dibutuhkan juga tanah gembur atau subur serta tidak becek. Apalagi tanah gembur mengandung zat hara tinggi.

Usia Tanaman Porang

Penjelasan berikutnya yaitu terkait dengan umur tanaman porang yang banyak ditanyakan berbagai kalangan. Sebenarnya ada berbagai hal yang bisa dibicarakan lebih lanjut terkait dengan usia dari tanaman tersebut. Misalnya saja untuk bisa dijadikan sumber penghasilan alias uang masuk pada masa panen.

Baca juga :   Berapa Lama Masa Panen Tanaman Porang?

Porang sebenarnya juga bisa diambil setiap tahunnya tapi dengan beberapa catatan. Sekaligus juga melihat rentang waktu dan musimnya agar bisa dijual. Maka dari itu simak berbagai penjelasan selengkapnya seperti berikut:

1. Usia Panen 

Umur tanaman porang saat siap untuk dipanen rupanya hal ini hanya bisa terjadi jika sebuah tanaman sudah menginjak tangka di usia 2 tahun. Kemudian setelahnya baru bisa kembali dipanen sebanyak setahun sekali. Tanpa harus melakukan penanaman kembali.

Sementara untuk setiap bulannya tanaman porang biasanya mengalami pertumbuhan berkisar 5 sampai 6 bulan. Terkhususnya pada musim hujan sementara diluar musim hujan maka tanaman ini mengalami masa istirahat. Dengan ciri daun yang menjadi layu sehingga tampak jika tanaman tersebut hendak mati.

2. Musim Panen 

Berbicara tentang umur tanaman juga berkaitan erat dengan musim panen. Karena sejatinya ada beberapa bulan yang dijadikan sebagai waktu yang tepat untuk memanen tanaman ini. Mengingat jika hanya mengalami pertumbuhan pada musim hujan, pemanenan juga hanya pada musim tertentu.

Waktu panen untuk jenis tanaman umbi-umbian ini berkisar pada masa normal yaitu berkisar pada bulan april sampai Juli. Pada saat itu porang yang berukuran kecil ditinggalkan oleh kebanyakan petani. Alias hanya bisa dipanen pada musim panen berikutnya.

Itulah berbagai penjelasan singkat terkait dengan umur tanaman porang yang harus diketahui. Jadi bagi petani yang ingin mulai menanam tanaman tersebut bisa menyimak referensi ini. Sekaligus juga dapat mengetahui kapan porang tersebut bisa dipanen supaya hasil panen maksimal.

Sekaligus juga sedikit diuraikan kembali pengenalan dari pada jenis tanaman ini. Dapat disimpulkan bahwasanya untuk bisa memanen porang itu berkisar di usia lebih dari satu tahun. Umumnya lebih sering dipanen ketika orang telah berusia 2 tahun agar hasilnya jauh lebih baik.

Baca juga :   Pilih Mana, Tanaman Porang dari Bibit Katak atau Bibit Umbi?
error: Sok atuh nulis sendiri, jangan asal copy aja hahaha !!